Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Komitmen Organisasi dan Dampaknya Terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Kampas

-

  • Eki Candra STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Budaya Organisasi, Kemampuan SDM, Komitmen Organisasi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan SDM, budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi, kemampuan SDM tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi sedangkan budaya organisasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan, kemampuan SDM tidak berpengaruh berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan dan komitmen organisasi secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Pengaruh tidak langsung X1 terhadap Y2 melalui Y1 sebesar ρY1X1 . ρY2Y1 = (0,404).(0,523) = 0,927. Selanjutnya pengaruh tidak langsung X2 terhadap Y2 melalui Y1 sebesar ρY1X2 . ρY2Y1 = (-0,201).(0,523) = -0,105. Dengan demikian pengaruh total pengaruh X2 terhadap Y2 adalah sebesar -0.105. Diketahui jalur yang memberikan pengaruh lebih besar terhadap kualitas pelayanan adalah jalur budaya organisasi melalui komitmen organisasi.Kata kunci: E-Commerce; Tokopedia; Akad Jual Beli; Akad Salam; Akad Ijarah.

References

Anis, Mustikasari, 2014. PengaruhBudaya Organisasiterhadap Komitmen Pegawai Dinas Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Malang
Angella. 2015. Pengaruh Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. ANDHIKA GRAHA TEKNINDO. Binus
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran.PT.Prehallindo, Jakarta
Laurencia, Rifient.2007. Etika Kerja Sebagai Variabel Moderasi Pengaruh Kepuasan Kerja pada Komitmen Organisasi study kasus pada pertambangan batubara bukit asam (persero Tbk). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret
Lewis, Carol W, and Stuart C.Gilman.2005. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass
Mangkunegara. 2000. ManajemenSumberDayaManusia.PT.Remaja Pos. Bandung
Moenir, HAS. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Bumi Aksara, Jakarta]
Melina, Chaterian, dkk.2012. Jurnal Dinamika Manajemen.Vol.3 No.1. Universitas Negeri Semarang
Nurjanah, 2008. Tesis. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Biro Lingkup Departemen Pertanian). Universitas Diponegoro, Semarang.
Priyatno, Duwi, 2008. Mandiri Belajar SPSS, Cetakan I, PT. Buku Kita, Jakarta.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih.2006. Manajemen Pelayanan.Pustaka Pelajar, Jakarta
Radiany, Rahmadi. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada PTS Di Kalimantas Selatan. STIE PancaSetia Banjarmasin, Ekuitas Vol.9 No.3 September 2005 : 307-323

Rahmad. 2013. Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kemampuan SDM Terhadap Efektifitas Pelayanan Di Rumah Sakit Khusus Jantung Cabang Utama Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi STIE Haji Agus Salim Bukittinggi Vol. XIV, No 2, September 2013
Robbinss, Stephen, 2000. Perilaku Organisasi Konsep, Kontroversi, Aplikasi Edisi 8 Jilid I. Prehalindo,Jakarta
Robbins P, Stephen. R Kreiner A,Kinick. 2000. Perilaku Organisasi. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Riduwan, 2007. Metode Penelitian Untuk Tesis, Alfabeta, Bandung.
Supranto J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.Cet.ke 3.Rineka Cipta, Jakarta
Sudarma, Ketut.2012. Jurnal Dinamika Manajemen.Vol.3 No.1 Universitas negeri Semarang
Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. CV Andi Offset, Yogyakarta
Siregar D, Erna.2009. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi tentang Pelayanan STNK di kantor bersama Samsat Pematang Siantar. Skripsi Pada Fakultas Ilmu sosial Dan Politik, Universitas Sumatera Utara
Sutrisno, Edi. 2010. BudayaOrganiusasi. KencanaPrenadamedia Group, Bandung.
Sudarma, Ketut. 2011. MencapaisumberDayaManusiaUnggul (AnalisisKinerja Dan KualitasPelayanan. UniversitasNegeri Semarang, Semarang.
Sugiono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,Bandung.
Sutrisno, 2009. Dasar-Dasar Organisasi. Gajah Mada University.Press Jogyakarta
Sulaiman.2013. Skripsi. Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lamongan. Universitas Wijaya Putra Surabaya
Tjiptono, Fendi.2002. ManajemenJasa, Yogyakarta, Andi
Widyas Panji Subrata, dkk, 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Progam Pengembangan Dan Budaya OrganisasiTerhadap Kualitas Sumber Daya Manusia Pada Karyawan Galeri IndosatCabang Jember. Universitas Jember. Jawa Timur
Jurnal Dinamika Manajemen Vol.3.No.1, 2012,PP:76-83(http:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm)
Jurnal Manajemen Dan Organisasi Vol 1, No.3, Desember 2010
Jurnal Manajemen Vol. 09. No.3 April 2012
Jurnal Reformasi, Volume 2, Nomor 2, Juli – Desember 2012
Majalah Ilmiah Kultura Volume: 15 No.1 September 2014 ISSN: 1411-022
Undang-Undang No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
DinasPendapatan, Pengelolaan, Keuangan Dan Aset (DPPKA) Kab.Kampar
Peraturan MENPANRB No.15 Tahun 2014,
Published
2021-02-24
How to Cite
Candra, E. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Komitmen Organisasi dan Dampaknya Terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Kampas. Jurnal Ar-Ribhu, 2(2), 102-114. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Ar-Ribhu/article/view/211