PENGARUH PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) SYARIAH UNIT DAHLIA KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variabel Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah. Penelitian ini dilakukan pada Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Dahlia Kecamatan Sukajadi. Didalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu satu variabel terikat dan satu variabel bebas. Variabel-variabel tersebut adalah Pelayanan Karyawan (X), Kepuasan Nasabah (Y). penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode random sampling dengan pengambilan sampel secara acak sebannyak 24 orang. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian alat ukur (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas), menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan simultan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Karyawan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah.
References
Antonio, Muh.Syafe’I, “Bank Syariah dan Dari Teori Ke Praktik, Cetakan1”.(Jakarta: Gema Insani Press.2003)
Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, (Jakarta: RinekaCipta, 2013)
Arikunto, Suharsimi, “ Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik”, (Jakarta: RinekaCipta, 2010)
Barlian, Eri, “Metodologi Penelitian Kualititatif dan Kuantitatif”, (Padang: Sukabina Press, 2016)
Citra, Rosnaini Daga, “Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan”, Cetakan Pertama. (Makassar: Global Research and Consulting Institute, 2018)
Fandy, dan Tjiptono , “Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset”, ( Yogyakarta: 2014)
Hardiansyah, “Kualitas Pelayanan Public”, (Yogyakarta: Gava Media, 2011) Hasyim, Ali, “Manajemen Bank”, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995) http://kamusbahasaindonesia.org/pelayanan(19-2-2011)
http://repository.ung.ac.id./get/simlit/1/1112/2/Analisis-Kualitas-pelayanan-terhadap- kepuasan-pelanggan-pada-PT-bank-Sinar-Mas-Cabang-Gorontalo.pdf
Kasmir, “ Manajemen Perbankan”, (Jakarta : Rajawali Pers , 2012).
Kasmir, “Etika Custumer Servis”, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006) Kasmir, “Pemasaran” , (Jakarta: Kencana, 2005).
Kevin Lane Keller, dan Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran”. Edisi Dua Belas, (Jakarta: Indeks, 2007)
Kotler, “Defenisi Pelayanan (Service) kepada Konsumen”, (para ahli, 2003)
Kotler, Philip, “Manajemen Perusahaan” (Jakarta: Index Kelompok Gramedia.2005)
M.Nur Rianto, “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah”, (Bandung: Alfabeta, 2010) Moenir, “manajemen Pelayanan Umum”, (Yogyakarta : Bumi Aksara, 1995)
Muftifiandi, ” Peran Pembiayaan Produk ar Rum bagi UMKM Pada PT Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Simpa ng Patal Palembang” (Skripsi sarjana: Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta, 2016)
Nikolaus Duli, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2019)
Nindiani, “ Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di Masa Pandemi pada Pegadaian Syariah Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo”, ( Palopo: Institut Agama Islam Negeri, 2021)
Nurdin, Ismail, “Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi
Birokrasi dalam Pelayanan Publik)”, (Surabaya : Media Sahabat Cendekia,
2019)
Siregar, Syofian, “Statistik Parametrik untuk Penelitian kuantitatif”, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014)
Siyoto, Sandu, “Dasar Metodologi Penelitian”, (Yogyakarta: Literasi Media
Publishing, 2015)
Sudrajat, Subanadan, “Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah”, Cetakan II.(Bandung: CV Pustaka Media, 2005)
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan
R&D”, (Bandung:Alfabeta,2016)
Sugiyono, “ Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”,(Bandung: Alfabeta, 2016)