ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN NOTEBOOK DI YOGYAKARTA

Studi Kasus pada Notebook Merek Acer

  • Eki Candra STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Keputusan Pembelian, Importance Performance Anaysis, kualitas produk, harga, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor - faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian laptop Asus di Semarang. Data ini dikumpulkan dari 100 konsumen atau pengguna laptop Acer. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan uji reliabilitas dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat gap antara besaran harapan konsumen dengan kinerja produk. Berdasarkan analisis data tiap - tiap faktor keputusan pembelian mengalami gap negatif (-), dimana faktor kualitas produk mengalami gap -0,65. Faktor Harga terjadi gap -0,55. faktor Promosi -0,86. dan pada faktor layanan purna jual -0,77. Dimana harapan lebih besar daripada kinerja produk yang diharapkan.Hal ini bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kinerja produk.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi, Jakarta. : PT. Rineka Cipta.

Assael, Henry. 1992. Consumer Behavior and Marketing 4th edition, USA. : PWS-Kent Publishing Company.

Davis, Gordon B. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. Jakarta : Penerbit PPM.

Donald H, Sanders. 2001. Computer Today. Singapore : McGraw Hill Book Company.

Engel. F. James, Roger. D. Blackwell dan Paul. W. Miniard. 2000. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 1, Jakarta : Bunarupa Aksara.

Hamacher V.C, Vranesic Z.G and Zaky S.G. 2001. Computer Organization, 2nd Edition, Guide for IT Professionals”.

Hawkins, Del I. Best Roger J. Coney, Kenneth A. 204. Consumer Behavior. New York : The McGraw-Hill.

Jogiyanto, H.M, 2001. Pengenalan Komputer, Yogyakarta : Andi Offset.

Kinnear, T.C. Bernhardt, K.L and Krenler, K.A. 2003. Principles of Marketing. New York, the United States of America, HarperCollins Publishers.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 1. Yakarta : Prenhalindo.

Kotler, Philip. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2 Edisi Delatan, Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip.2002. Manajemen Pemasaran (terjemahan), Edisi Millenium, jilid 1. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Lamb, Hair. Daniel, Mc. 2001. Pemasaran (terjemahan). Edisi Bahasa Indonesia, Jilid Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.



Mowen. 1995. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Jakarta : karangan Sutisna
Robert H. Blissmer. 2001. Computer Annual, An Introduction to Information System 1985 – 1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons.

Sambodo, Nanang Priyo. 2001. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko Sports Station Malioboro Mall Yogyakarta. Skripsi, Surakarta : Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Solomon M.R. 2002, Consumer Behavior : Buying, Having and Being.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis (cetakan kesembilan), Bandung : Alfabera, CV.
Published
2021-02-23
How to Cite
Candra, E. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN NOTEBOOK DI YOGYAKARTA. Jurnal Ar-Ribhu, 3(2), 120 - 131. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Ar-Ribhu/article/view/199