DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP SEKTOR UMKM DI PEKANBARU
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah ( UMKM) ialah salah satu penyumbang besar Penghasil Dalam negeri Bruto( PDB) di Indonesia sehingga keberadaannya sangat diperlukan. Pada masa pandemic Covid19 ini UMKM pula memperoleh imbas ataupun terdampak. Oleh sebab itu pada tulisan ini hendak memandang akibat pandemic Covid19 ini terhadap UMKM di kota Pekanbaru. Tata cara yang digunakan pada penyusunan ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada pelakon UMKM di kota Pekanbaru yang jadi partisipan pelatihan Digital Enterpreneurship Academy( DEA). variabel Pandemi Covid-19 memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kelangsungan UMKM sebesar 63.8%. Pandemi covid-19 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kelangsungan UMKM di Kabupaten Karo. Hal ini dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana dimana nilai uji T hitung bernilai positif sebesar 0,966 dan nilai signifikan sebesar 0,0001 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hasilnya merupakan pandemi Covid19 berakibat pada penurunan penjualan, penurunan jumlah penciptaan, serta penyusutan jumlah pemasukan pada UMKM. UMKM dituntut buat cepat menyesuaikan diri dengan keadaan yang terdapat dengan menggunakan teknologi data, bergabung dengan market place, melaksanakan diferensiasi produk serta berinovasi supaya dapat bertahan pada masa pandemic ini. Tidak hanya itu pemerintah pula telah membagikan sokongan lewat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) buat menunjang UMKM supaya dapat bangkit serta kestabilan perekonomian dapat terwujud. Tidak hanya itu dukungan warga buat membeli bahan- bahan dari UMKM pula sangat diharapkan.
References
Ayu, Dwi Putri Rusman, Umar Fitriani, and Majid Makhrajani, Covid-19 dan Psikososial Masyarakat di Masa Pandemi, ed. by Fitriani Umar (Parepare: NEM, 2021)
Azimah, Rizki Nor, and Shafa Rifda Syafira Khasanah, Ismi Nor Pratama, Rizky
Azizah, Zulfanissa Febriantoro, Wahyu Purnomo, ‘Analisis Dampak Covid19 Terhadap Sosial Ekonomi Pedagang Di Pasar Klaten Dan Wonogiri’, EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9.1 (2020), 59–68
https://doi.org/10.15408/empati.v9i1.16485 Budiman, Semaun Syahriyah, Muhammad Saleh, Bahtiar, Muchsin Agus, Fikri, and others, 19-Covid Pandemi Dalam 19 Perspektif, ed. by Umaima (Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2020)
Cahyadi, Indra, ‘Tantangan Internasionalisasi UKM di Indonesia Challenges of Internationalization of Indoneisa,’ S’, 27.9 (2015), 129–44
Djaali, Metodologi Penelitian Kuantitatif, ed. by BUnga Sari Fatmawati (Jakarta: Bumi Aksara, 2020)
Duli, Nikolaus, Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS (Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2019)
Ediraras, D., ‘Akuntansi Dan Kinerja UKM’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15.2 (2010), 5936 https://doi.org/10.35760/eb.
Ekonomi, E-jurnal, Bisnis Universitas, and Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, ‘Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Email : Gedemaheswara@gmail.Com
Fadila, Woro Isti Rahayu, and Harry K Saputra, Penerapan Metode Naive Bayes Dan Skala Likert Pada Aplikasi Prediksi Kelulusan Mahasiswa, ed. by Rolly Marsuki (Bogor: PT. Penerbit IPB Press, 2018)
Yusuf, Muri, Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan (Jakarta: KENCANA, 2017)