Keragaman Model Pembelajaran Perspektif al-Quran

  • Febri Giantara STAI Diniyah Pekanbaru
  • Syukri STAI Diniyah Pekanbaru
  • Munzir Hitami UIN Suska Riau
  • Abu Anwar UIN Suska Riau
Keywords: al-Qur'an, Metode Pembelajaran, Sekolah Dasar Islam Terpadu

Abstract

Pandemi mengajarkan kita untuk mengubah proses pembelajaran konvesional menjadi proses pembelajaran online. Proses pembelajaran di dalam Islam tidak hanya sebatas menuntut ilmu di jenjang pendidikan tetapi menuntut ilmu sepanjang hayat. Hal ini tertuang di dalam kitab suci umat Islam yaitu al-Quran. al-Quran sangat banyak berbicara tentang ilmu pengetahuan dan sains. Salah satu yang ada di dalam al-Quran adalah tentang metode pembelajaran. Begitu banyak teori metode pembelajaran yang dapat dipelajari. Metode pembelajaran yang disampaikan pada penelitian ini yang terdapat di dalam al-Quran adalah Tausyiah, Da’wah, Mujadalah, Bayyan/Mubaiyyin, Nazhr, Ra’a, Qissah, dan Sual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan instrument wawancara dan observasi dengan sampel sebanyak tiga orang guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Hasil yang diperolah pada penggunaan metode pembelajaran pada proses pembelajaran online pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Diniyah Pekanbaru sangat bervariasi dan lebih mengedepankan pendidikan karakter Islami.

Published
2023-05-23
How to Cite
Giantara, Febri, Syukri Syukri, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2023. “Keragaman Model Pembelajaran Perspektif Al-Quran”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11 (2), 125-39. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i2.665.

Most read articles by the same author(s)