Tantangan Transformatif PAI di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial

  • Febri Giantara STAI Diniyah Pekanbaru
  • Amril M. UIN Suska Riau
  • Abu Bakar UIN Suska Riau
Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial, Pendidikan Islam

Abstract

Kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial merupakan kecerdasan dasar yang diperlukan oleh setiap individu pada era kontemporer saat ini. Permasalahan yang terjadi di era kontemporer saat ini yang berkaitan dengan kecerdasan sosial dan spiritual seperti yang kita dengar dan lihat baru-baru ini, yaitu penendangan sesajen oleh seorang pemuda di gunung semeru. Peristiwa ini sangat disayangkan karena hal ini seharusnya tidak perlu terjadi jika sang pemuda memiliki kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Merujuk kepada artikel-artikel hasil penelitian yang telah dipublisikan pada jurnal-jurnal dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara kecerdasan spiritual dan kecerdasaan sosial. Dimana untuk membangun kecerdasan spiritual maka individu diharuskan berpedoman kepada Al-Qur’an dan Hadis agar mampu menggunakan kecerdasan sosialnya dengan baik dan benar. Peran Pendidikan Islam pada pembentukan kecerdasan spiritual di era kontemporer diharapkan mampu memperbaiki seluruh permasalahan sosial yang muncul di masyarakat yang dimulai dari kemampuan siswa membuat keputusan moral.

References

Adriani, Devi. “AGAMA FORMAL VS KECERDASAN SPRITUAL (ANALISIS KONSELING SPRITUAL TERHADAP FENOMENA KORUPSI).” Hikmah 11, no. 2 (January 2, 2018). https://doi.org/10.24952/hik.v11i2.749.

Amaliyah, Amaliyah. “Relevansi Dan Urgensi Kecerdasan Spritual, Intelektual Dan Emosional Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Online Studi Al-Qur’an 14, no. 2 (July 30, 2018): 151–60. https://doi.org/10.21009/JSQ.014.2.04.

Aman, Mohammad. “KECERDASAN SOSIAL BERBASIS AL-QUR’AN.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 17, no. 2 (September 8, 2021). https://doi.org/10.31000/rf.v17i2.4198.

Amiliya, Reni, and Febri Giantara. “DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Al-Abyadh 4, no. 2 (December 31, 2021): 116–25. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.385.

Aninsi, Niken. “10 Daftar Konflik Sosial Di Indonesia.” katadata.co.id, 2021. https://katadata.co.id/intan/berita/61b8c94075b19/10-daftar-konflik-sosial-di-indonesia.

Dr. Rani Gul, Shazia Kanwal, and Dr. Sadia Suleman Khan. “Preferences of the Teachers in Employing Revised Blooms Taxonomy in Their Instructions.” Sjesr 3, no. 2 (June 25, 2020): 258–66. https://doi.org/10.36902/sjesr-vol3-iss2-2020(258-266).

Farida, Ullin Nuril, and Badrus. “Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI Di MAN 4 Madiun.” Ejournal.Iai-Tribakti.Ac.Id 9, no. 1 (2019): 25–33. https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/964.

Jumahat, Tajulashikin. “Perbandingan Konsep Kecerdasan Spiritual Dari Perspektif Islam Dan Barat: Satu Penilaian Semula.” In Proceeding of the International Conference on Arabic Studies and Islamic Civilization (ICasic), 656–66. Malaysia: WorldConferences.net, 2014. https://www.academia.edu/download/33142710/Perbandingan_Konsep_Kecerdasan_Spiritual_Dari_Perspektif_islam_dan_Barat-Satu_Penilaian_Semula..pdf.

Khoiruddin, M. Arif. “PENDEKATAN SOSIOLOGI DALAM STUDI ISLAM.” Jurnal Pemikiran Keislaman 25, no. 2 (September 20, 2014): 348–61. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i2.191.

Maharani, Tsarina. “Sesalkan Peristiwa Pria Tendang Sesajen Di Semeru, Wamenag: Tindakan Tak Terpuji.” Kompas.com, 2022. https://nasional.kompas.com/read/2022/01/13/11025531/sesalkan-peristiwa-pria-tendang-sesajen-di-semeru-wamenag-tindakan-tak?page=all.

Mansur, Amril. “Implementasi Klarifikasi Nilai Dalam Pembelajaran Dan Fungsionalisasi Etika Islam.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 5, no. 1 (2006): 44–69. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3766.

———. “PENDIDIKAN NASIONAL DAN KURIKULUM 2013 (Upaya Pengembangan Moralitas Personal Dan Moralitas Sosial-Global).” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 13, no. 2 (2014): 1–44. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3996.

———. Pendidikan Nilai Akhlak Telaah Epistemologis Dan Metodologis Pembelajaran Di Sekolah. Depok: Rajawali Pers, 2021.

Margaret, Carmia. “Pendekatan Interpretasi Teologis Kitab Suci Dan Prasuposisi-Prasuposisi Teologis Di Baliknya.” Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 18, no. 2 (December 2, 2019): 141–60. https://doi.org/10.36421/veritas.v18i2.330.

Mudzakkir, Amin. “ISLAM DAN POLITIK DI ERA KONTEMPORER.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 11, no. 1 (June 3, 2016). https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.31-48.

Mufidah, Luk Luk Nur. “PENDEKATAN TEOLOGIS DALAM KAJIAN ISLAM.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 2, no. 1 (June 16, 2017): 151. https://doi.org/10.33511/misykat.v2n1.151.

Mukaromah, Siti Maulidatul. “Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam Dan Sains.” Inklusi: Journal Of Disability Studies 5, no. 2 (2018): 195–216. https://doi.org/10.14421/ijds.050203.

Nurhayati, Nurhayati. “Pengembangan Spiritual Quotient Bagi Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no. 1 (February 26, 2018). https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.587.

Palmer, Joy A. Ide-Ide Brilian 50 Pakar Pendidikan Kontemporer : Paling Berpengaruh Di Dunia Pendidikan Modern. Yogyakarta: IRCiSoD, 2015.

Prasetiya, Benny, Meilina Maya Safitri, and Ani Yulianti. “PERILAKU RELIGIUSITAS: ANALISIS TERHADAP KONSTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (January 30, 2020): 303–12. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5015.

Rahma, Vicky Izza El. “Signifikansi Pendekatan Sosiologis Terhadap Studi Keislaman.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 10, no. 1 (March 15, 2019): 35–49. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v10i1.3470.

Rifa’i, Moh. “KAJIAN MASYARAKAT BERAGAMA PERSPEKTIF PENDEKATAN SOSIOLOGIS.” AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM 2, no. 1 (April 17, 2018): 23–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.246.

Safila Anaya, Laras, Fakhirah Fakhirah, and Qonita Farhana. “Peranan Manajemen Pendidikan Islam Dalam Era Pendidikan Kontemporer.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 8 (August 25, 2021): 1365–73. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.251.

Sarnoto, Ahmad Zain, and Sri Tuti Rahmawati. “KECERDASAN SPIRITUAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN.” Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya 9, no. 2 (August 25, 2020): 62–73. https://doi.org/10.53976/jmi.v9i2.209.

Sudi, Suriandi, Fariza Md Sham, and Phayilah Yama. “Kecerdasan Spiritual Menurut Perspektif Hadis: Spiritual Intelligence by Hadiths Perspective.” Al-Irsyad: Journal Of Islamic and Contemporary Issues 2, no. 2 (2017): 1–11. http://al-irsyad.kuis.edu.my/index.php/alirsyad/article/view/14.

Syar’i, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Palangka Raya: CV. Narasi Nara, 2020.

Yusuf, Mohamad Yasin. “Pendidikan Islam Inklusif-Multikultural Dalam Perspektif Teori Gestalt.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (November 1, 2014). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.195-214.

Zorluoğlu, Seraceddin Levent, and Çağrı Güven. “Analysis of 5th Grade Science Learning Outcomes and Exam Questions According to Revised Bloom Taxonomy.” Journal of Educational Issues 6, no. 1 (March 4, 2020): 58. https://doi.org/10.5296/jei.v6i1.16197.

Published
2022-07-08
How to Cite
Giantara, Febri, Amril M, and Abu Bakar. 2022. “Tantangan Transformatif PAI Di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (1), 141-55. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.257.

Most read articles by the same author(s)