Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21

  • Febri Giantara STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Pengembangan, Kompetensi Guru, dan Abad 21

Abstract

Memasuki abab 21 guru di Indonesia dituntut memiliki kompetensi yang sesuai dengan abad 21. Hal ini bertujuan agar lulusan dan pendidikan di Indonesia tidak tertinggal dibandingkan negara-negara yang lain. Beberapa fakta menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia masih di bawah negara lain, seperti data kompas dan UNESCO. Perlu sebuah model pengembangan kompetensi guru abad 21 untuk mengatasi hal tersebut. Model ini merupakan sebuah konsep yang akan membantu guru-guru di Indonesia untuk meningkatkan kompetensi profesional yang dimiliki oleh masing-masing guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data need asessment, analisis kelayakan produk, analisis instrument penelitian dan analisis efektivitas produk.

References

Ananiadou, K., & Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, (41). https://doi.org/10.1787/218525261154

Darling-hammond, L. (2006). Constructing 21st-Century Teacher Education, 57(Xx), 1–15. https://doi.org/10.1177/0022487105285962

Daryanto, & Syaiful, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

E, M., Iskandar, D., & Aryani, W. D. (2017). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fx. Sudarsono dkk. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. (S. I. A. Dwiningrum, Ed.). Yogyakarta: UNY Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kompas. (2018, April). Kualitas Pendidikan Rendah. Kompas, p. 7.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Menteri Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st Century Skills. A W Rotterdam: Sense Publishers.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sahroji, A. (2017). Daftar Negara ASEAN dengan Peringkat Pendidikan Tertinggi. Retrieved November 1, 2018, from https://news.okezone.com/read/2017/11/24/18/1820178/daftar-negara-asean-dengan-peringkat-pendidikan-tertinggi

Soyomukti, N. (2010). Teori-Teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Tjeerd Plomp, Nienke Nieveen, Anthony E. Kelly, Brenda Bannan, J. van den A. (2013). Educational Design Research. Netherlands: Enschede.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Vazza, A. P. (2016). Masyarakat Ekonomi ASEAN Pasar Tunggal Ala ASEAN. Retrieved November 3, 2018, from https://republika.co.id/berita/koran/teraju/16/01/06/o0j0ab1-masyarakat-ekonomi-asean-pasar-tunggal-ala-asean

Published
2019-06-24
How to Cite
Giantara, Febri. 2019. “Model Pengembangan Kompetensi Guru Abad 21”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16 (1), 59-83. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/15.