Author Guidelines

Ketentuan Penulisan

Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan

STAI Diniyah Pekanbaru

 

  1. Naskah berupa hasil penelitian maupun pemikiran/konseptual dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia/Inggris, Font-size: Cambria 12, ukuran kertas A4, margin bawah 2.5 cm, atas 2 cm, kiri 2.5 cm, dan kanan 2 cm. Spasi satu setengah. Jika terdapat tulisan dengan Bahasa Arab font yang digunakan Sakkal Majalla 14 point.
  3. Naskah ditulis berurutan terdiri dari: Judul, Nama Penulis (tanpa gelar), Afiliasi Penulis (Lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Isi, dan Daftar Pustaka.
  4. Judul harus ringkas dan spesifik tidak melebihi 15 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, dan 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris.
  5. Abstrak ditulis dalam dua bahasa: Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang terdiri dari 150-250 kata. Yang memuat latar belakang masalah, tujuan, metode, dan hasil penelitian/kesimpulan.
  6. Kata kunci/Keywords terdiri dari 2 – 5 kata atau frase yang mencerminkan isi naskah.
  7. Sistematika penulisan:
  8. Hasil penelitian, terdiri dari: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  9. Hasil pemikiran/Konseptual: Judul, Nama Penulis, Afiliasi Penulis (lembaga dan e-mail), Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Isi, Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka.
  10. Isi naskah antara 10-15 halaman, rujukan ditulis dengan sistem footnote yang memuat nama penulis, tahun penerbitan, dan halaman.
  11. Referensi minimal 10 sumber (80 persen sumber terpublikasi dalam 10 tahun terakhir). Kutipan menggunakan innote dengan aplikasi ZOTERO. Referensi atau daftar pustaka menggunakan format Chicago Manual Of Style 17th Edition (Note). Pembuatan daftar pustaka menggunakan aplikasi ZOTERO, MENDELEY atau sejenisnya.
  12. Penerimaan naskah berupa softcopy dapat dikirim melalu menu submission di Online Jurnal System Jurnal Al-Mutharahah: http://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah