Konsep Ilmu Hakikat Ilmu

(ILM/العلم, HIKMAH/الحكمة, AYAT/الآيات)

Keywords: Ilmu, Hikmah, Ayat

Abstract

Paradigma dikotomi keilmuan adalah paradigma yang memberi ruang pemisahan, perbedaan dan pertentangan antara “ilmu-ilmu agama” dan “ilmu-ilmu non agama (ilmu umum)”. Istilah-istilah dikursus ini beberapa diantaranya adalah “sekolah umum/ilmu umum” dan “sekolah agama/ilmu agama/pesantren”, penelitian ini akan membahas tentang hakikat ilmu, hikmah, dan ayat dalam perspektif Al-qur’an, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif melalui kajian kepustakaan (library research), hasil penelitian menunjukkan bahwa hakikat ilmu sangatlah utuh dan terintegrasi yakni  jalan untuk mencapai tujuan hidup yaitu kebahagiaan di dunia dan ahirat yang diperoleh melalui proses iktisabi (usaha dengan sungguh-sungguh) dengan cara berfikir yang mendalam tentang ayat ayat Allah SWT (Qauliyah dan kauniyyah) sehingga menimbulkan keimanan dan kesaksian terhadap keesaan Allah SWT. Hakikat hikmah adalah dorongan hati yang kuat untuk melakukan implementasi ilmu dalam kehidupan sehari-hari yakni dengan amal shaleh. Sedangkan hakikat ayat adalah sumber pelajaran/ ibrah bagi manusia yang terdiri dari ayat ayat tertulis(qauliyyah) maupun tentang alam (kauniyyah).

References

Al-Ghazali, Imam, Ihya’ ‘Ulum al-Din (Beirut: Dar al-Fikr, 1420/1999)

Ali, Ismail, Said, Dr, Al-Qur’anul karim rukyatutarbawiyyah, (Kairo: Darul fikri al ‘arobi cet ke:1, 2000)

Baharuddin, dkk, Dikotomi Pendidikan Islam: Historisatas dan Implikasi pada Masyarakat Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Dawudi, A, afwan, ed, Al-Isfahani, Mufradat Alfaz al-Qur’an, (Damascus: Dar al-Qalam, 1412/1992)

Fu’ad, Muḥammad ‘al-Baqi’ , al-Mu’jam al-Mufahrath li Alfaẓ al-Qur’an al-Karim, (Bairut: Dar al-Fikr, 1992)

Katsir, Ibn, Ismail, al-Fida, Abu, Tafsir al-Qur'an al-Azhim. Juz II. (Indonesia : Toha Putra, t.th)

Masduha, Al-Alfaadz, buku pintar memahami kata-kata dalam al-Qur’an (Jakarta: Pustaka al kausar, tth), h. 524

Moleong , J, Lexi, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008)

Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat,Cet.III, (Bandung: Mizan, 1993)

Shihab, Quraish, M, Tafsir al-Mishbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Volume II (Jakarta : Lentera Hati)

Sya’ban, dkk, Mu'jam Al-Wasiith, juz I bab alif, (Kairo: Maktabah As-Syuruq Al Dauliyyah, 2004)

Published
2021-12-26
How to Cite
Farih, Imam, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Konsep Ilmu Hakikat Ilmu”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18 (2), 101-13. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.304.