Konsep Pendidikan Dalam Al Quran

  • Juni Erpida STAI Nurul Falah Air Molek
  • Abu Anwar UIN Suska Riau
  • Munzir Hitami UIN Suska Riau
Keywords: Pendidikan, Tadabbur, Tazkiyah, Tafaqquh, Hidayah

Abstract

Artikel ini mendiskusikan tentang terminologi pendidikan dalam Al-Quran, dimana urgensi pendidikan bagi manusia sangat penting. Konsep pendidikan yang ideal tidak terlepas dari pemahaman yang utuh terhadap berbagai istilah pendidikan dalam Al-Quran, karena dari pemahaman istilah yang utuh akan menuntun pada pemahaman yang konprehensif. Dalam mengungkap tren-tren pendidikan yang digunakan tulisan ini menggunakan metode deskriptif filosofis. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu secara mendalam. Masalah yang dikaji pada metode penelitian ini berkaitan dengan karakterstik pendidikan. Dalam Al-quran banyak kita temui tren yang berkorelasi dengan dunia pendidikan dan makna yang berbeda-beda, diantaranya, tadabbur, tazkiyah, tafaqquh dan hidayah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan dalam makna tadabbur, tazkiyah, tafaqquh dan al hidayah adalah proses pembinaan, pemeliharaan, pengembangan serta pemberian bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik sehingga mereka mampu melaksanakan tanggung jawabnya sebagai khalifah Allah dimuka bumi sesuai dengan kemampuan nalar masing-masing.

References

Achmad, Yudianto. “KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER INDIGENOUS DALAM PERSPEKTIF ALQURAN.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (2020).

Ahmad Sabri. “Trends of ‘Tahfidz House’ Program in Early Childhood Education.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 14, no. 1 (2020).

Awhinarto, Awhinarto, and Suyadi Suyadi. “OTAK KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM BERBASIS NEUROSAINS.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (2020).

Fatimah, Nur, and Ilmu Hamimah. “Peran Pendidikan Islam Dalam Menanggulangi Fenomena Crosshijabers.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya 6, no. 4 (2020).

Habieb Bullah dan Mauhibur Rokhman. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Perspeltif Al-Quran Dan Hadist.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 2, no. 1 (2020).

Karo, Tiy Kusmarrabbi. “WAWASAN ALQURAN TENTANG METODE PENDIDIKAN.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 2 (2020).

Lubis, Tabrani. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA ALQURAN DENGAN METODE DRILL (LATIHAN) MELALUI EXPLICIT INSTRUCTION.” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 1, no. 2 (2020).

Muhammad Holimi. “IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AL-QURAN USIA TAMYIZ DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-FIRDAUS MALANG.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2020).

Naim, Muhammad, Abd. Rajab, and Muhammad Alip. “Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam.” ISTIQRA’: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 7, no. 2 (2020).

Ngadi, M. “Perencanaan Pendidikan Dalam Studi Alquran Dan Hadits.” Jurnal Al Himayah 4, no. 2 (2020).

Nurfitriana, Nurfitriana. “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al-Qur’an.” MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3, no. 2 (2020).

Rusmana, Indriya. “TELADAN TARBIYAH ILAHIYAH KELUARGA NABI IBRAHIM MENUJU ERA NEW NORMAL.” Fikrah : Journal of Islamic Education 4, no. 1 (2020).

Sartika, L. “Asas-Asas Pendidikan Dalam Alquran Dan Kedudukan Manusia Dalam Alam Semesta.” Jurnal Penelitian Medan Agama (2020).

Siti Fauziah Mohd Amin, Sabariah Sharif, Mad Nor Madjapuni, and Mariappan Muralindran. “Implementasi Model ADDIE Dalam Pembangunan Modul Robot M-Solat.” Journal of Educational Research and Indigeneous Studies 1, no. 1 (2020).

Supriadi. “Pengembangan Potensi Peserta Didik Dalam Lembaga Pendidikan Islam; Studi Manajemen Pondok Pesantren.” Bahsun Ilmy Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 20 (2020).

Published
2022-01-26
How to Cite
Erpida, Juni, Abu Anwar, and Munzir Hitami. 2022. “Konsep Pendidikan Dalam Al Quran”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (1), 1-12. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i1.384.