PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL- IKHLAS PEKANBARU

  • syukri syukri STAI DINIYAH PEKANBARU
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kualitas Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahuio peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMP Al-Ikhlas Pekanbaru. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru sangat berperan karena kepala sekolah merupakan pimpinan dalam sebuah lembaga yang kemajuan sekolah termsuk kualitas para bawahannya menjadi tanggung jawab pimpinan, maju atau mundurnya sebuah sekolah tergantung kepada peran dan fungsi kepala sekolah dalam menggerakkan bawahannya agar tercapainya tujuan pendidikan yang akan dicapai.

Adapun peran yang dapat dimainkan oleh kepala sekolah dalam menigkatkan kualitas guru diantaranya: kepala sekolah harus memberikan pelatihan, mengikutkan seminar, melakukan supervisi, melakukan inovasi dan memberikan teladan kepada bawahan dalam bertindak dan berucap. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Al-Ikhlas Pelanbaru kepala sekolah sudah melakukan peran dan fungsinya dengan baik, dan kualitas guru di SMP tersebut juga dapat dikatakan meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Published
2021-02-26
How to Cite
syukri, syukri. (2021). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL- IKHLAS PEKANBARU. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(2), 150-161. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/208