PERMAINAN CLAY BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK

  • Rennyrahmalia STAI Diniyah Pekanbaru
  • lailatulizzah STAI Diniyah Pekanbaru
  • Willytiyo STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Permainan Clay, Perkembangan, Motorik Halus, Anak, Clay, Games, Development, Fine Motor, Children

Abstract

Abstract

Effect of clay games in developing fine motor skills in group B children aged 5-6 years. Respondents' fine motor distribution before being given treatment there were 9 children whose fine motor development began to develop (MB). And after being given the treatment there were 5 children whose fine motor development developed very well and 15 children who developed according to expectations. The hypothesis testing uses the Paired Sample Test with a t-test value of 5.940 with a significance value of <0.000. It can be concluded that sig (2-tiled) 0.000 <0.05, there is an influence of clay games on the development of fine motor skills in children.

Keywords: Clay, Games, Development, Fine Motor, Children


Abstrak
Pengaruh permainan clay dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B usia 5-6 tahun. Distrubusi motorik halus responden sebelum diberikannya treatment terdapat 9 orang anak yang perkembangan motorik halusnya Mulai Berkembang (MB). Dan setelah diberikanya treatment terdapat 5 orang anak yang perkembangan motorik halusnya Berkembang Sangat Baik dan 15 orang anak yang Berkembang Sesuai Harapan. Pegujian hipotesis menggunakan pengujian Paired Sample Test dengan nilai uji t sebesar 5,940 dengan nilai signifikasi sebesar < 0,000. Dapat disimpulkan bahwa sig (2-tiled) 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh permainan clay terhadap perkembangan motork halus pada anak.
Keywords: Permainan Clay, Perkembangan, Motorik Halus, Anak

References

Daftar Pustaka
Abdul Khoir. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukasi. (Pekalongan: Forum Tarbiyah Vol. 7 No 2. 2009, 142-162
Achmad Afandi. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo: Uis Inspirasi Indonesia
Ahmad Susanto. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenamedia Group
Aris Priyanto. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XVIII/November 2014, 41-47
Sulaiman. (2019).Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education. 2019, 21
Indrayati Munawaroh, Nurwijayawati. (2019). Gambaran Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Dengan Metode Menggambar,”Community of Publishing in Nursing (COPING)
Saskia Adriyani dan Dadan Suryana. (2020). Efektifitas Napkin Folding Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal pendidikan Tambusai, Vol. 4 No. 1 April 2020, 76-85
Mutiara Elfina Fauzi, Dadan Suryana, Syahrul Ismet. Pengaruh Melukis Tarik Benang Terhadap Pekembangan Motorik Halusanak Di Taman Kanak-Kanak Bhayangkari 10 Tanjung Pati Harau. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 3 No. 3, December 2019, 1614-1618
John Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga
Uyu Wahyudin dan Mubiar Agustin. (2001). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung, Refika Aditama
Nilawati Tadjuddin. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing& Publishing
Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta
Hurlock. (2000).Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Mursid. (2015).Belajar dan Pembelajaran PAUD.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Dian Adriana. (2017). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak Edisi 2. Jakarta Selatan: Salemba Medika
Abdul Khoir. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukasi. (Pekalongan: Forum Tarbiyah Vol. 7 No 2. 2009, 142-162
Lanjarsari, E. E. (2013), Pengaruh Terapi Clay Dalam Menurunkan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Unit Rehabilitas Sosial “Dewantara”, Cilacap. Skripsi. Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman.
Stephani. (2010). Menit Membuat Kreasi Dari Clay. Jakarta: Demedia Pustaka
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Published
2020-12-30
How to Cite
Rahmalia, R., Izzah, L., & Kurniawan, W. (2020). PERMAINAN CLAY BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK. Nathiqiyyah, 3(2). Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/625