CURICULUM ASESSMENT TRAINING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

  • Renny Rahmalia STAI Diniyah Pekanbaru
  • Hanny Rufaidah Damra STAI Diniyah Pekanbaru
  • Basori STAI Diniyah Pekanbaru
  • Shanti Nur Aishah STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Pelatihan, Curriculum Asessment Training, Pengetahuan Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh “pelatihan CAT (Curiculum Asessment Training) dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini”. Pengumpulan data menggunakan observasi dan skala Guttman tentang pengetahuan guru dalam memahami penilaian perkembangan anak usia dini. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji Wilcoxon dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pengaruh “pelatihan CAT (Curiculum Asessment Training) dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini”. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa “pelatihan Cat (Curiculum Asessment Training) terbukti dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini dengan ditunjukkan nilai uji signifikansi (p) value (Asymp. Sig 2 tailed) nilai Z sebesar -2.495 sebesar 0.01dimana kurang dari 0.05 (p<0.05). Adapun bentuk pengaruhnya adalah positif, yang artinya ketika guru mendapatkan pelatihan “Cat (Curiculum Asessment Training)” maka guru akan mendapatkan perubahan yang positif terkait pengetahuannya tentang penilaian perkembangan anak usia dini.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Kachak, D & Eggen, P. 2011. Introduction To Taching be Coming a rofessional Fourth edition pearson edition New Jersey

Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Zahro, I.F. 2015. Penilaian dalam Pembelajaran AUD. No I Vol I Tunas Siliwangi

Junaisih, I, 2018. Professional Guru PAUD (PPB). Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan

Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman kanak-Kanak. Jakarta

Mulyasa. E. 2012. Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Permendikbud 146 tahun 2014. Tentang Kurikulum 13 Pendidikan Anak Usia dini. Tahun 2015. Jakarta

Permendiknas No 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidian Anak Usia Dini

Rahmalia, R, 2013. Pengaruh Pelatihan “Me And My Future” Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru BK Tentang Perencanaan Karir peserta Didik. Universita Indonesia. Jakarta

Novianti, R. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: UR Pres

Sudjana, N. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, N. 2009. Penilan Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Guru dan Dosen, 2011 : 4

Wahyudi, U.. 2010. Penilaian Perkembangan Anak usia Dini. Cv Falah Production: Bandung

Published
2022-06-30
How to Cite
Rahmalia, R., Damra , H. R., Basori, B., & Aishah, S. N. (2022). CURICULUM ASESSMENT TRAINING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 5(1), 37-41. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.506
Section
Articles