CURICULUM ASESSMENT TRAINING DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh “pelatihan CAT (Curiculum Asessment Training) dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini”. Pengumpulan data menggunakan observasi dan skala Guttman tentang pengetahuan guru dalam memahami penilaian perkembangan anak usia dini. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji Wilcoxon dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pengaruh “pelatihan CAT (Curiculum Asessment Training) dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini”. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa “pelatihan Cat (Curiculum Asessment Training) terbukti dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang penilaian perkembangan anak usia dini dengan ditunjukkan nilai uji signifikansi (p) value (Asymp. Sig 2 tailed) nilai Z sebesar -2.495 sebesar 0.01dimana kurang dari 0.05 (p<0.05). Adapun bentuk pengaruhnya adalah positif, yang artinya ketika guru mendapatkan pelatihan “Cat (Curiculum Asessment Training)” maka guru akan mendapatkan perubahan yang positif terkait pengetahuannya tentang penilaian perkembangan anak usia dini.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.
Kachak, D & Eggen, P. 2011. Introduction To Taching be Coming a rofessional Fourth edition pearson edition New Jersey
Hasan, I. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Zahro, I.F. 2015. Penilaian dalam Pembelajaran AUD. No I Vol I Tunas Siliwangi
Junaisih, I, 2018. Professional Guru PAUD (PPB). Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan
Kemendiknas. 2010. Pedoman Penilaian di Taman kanak-Kanak. Jakarta
Mulyasa. E. 2012. Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Permendikbud 146 tahun 2014. Tentang Kurikulum 13 Pendidikan Anak Usia dini. Tahun 2015. Jakarta
Permendiknas No 58 Tahun 2009. Tentang Standar Pendidian Anak Usia Dini
Rahmalia, R, 2013. Pengaruh Pelatihan “Me And My Future” Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru BK Tentang Perencanaan Karir peserta Didik. Universita Indonesia. Jakarta
Novianti, R. 2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: UR Pres
Sudjana, N. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sudjana, N. 2009. Penilan Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Guru dan Dosen, 2011 : 4
Wahyudi, U.. 2010. Penilaian Perkembangan Anak usia Dini. Cv Falah Production: Bandung
Copyright (c) 2022 Renny Rahmalia, Hanny Rufaidah Damra, Basori, Shanti Nur Aishah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.