PENGGUNAAN APE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan APE sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini. APE merupakan alat permainan yang dirancang secara khusus oleh para pemangku kebijakan dengan tujuan dijadikan sebagai alat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang nantinya dengan penggunaan aklat tersebut dapat meningkatkan pemehaman anak tentang materi dan mampu meningkatkan aspek perkembangan yang ada pada diri anak termasuk aspek bahasa, kognitif,fisik motorik,soial emosional, moral dan agama serta aspek perkembangan seninya. Adapun alat permainan edukatif yang sering diapakai untuk dijadikan sebagai media pembelajaran seperti balok cruissenaire jenis permainan yang mengembangkan kemampuan berhitung dan pengenalan bilangan, balok Blocdoss berbetuk balok bangunan untuk melatih koordinasi antara mata, tangan dan melatih emosi, Puzzle besar permainan ini untuk melatih anak mengenalhuruf, menumbuhkan gairah untuk belajar,dan meingkatkan daya konsentrasi, Kotak Alfabet kotak ini berisi huruf-huruf tujuannya untuk anak mengenal huruf, Kartu Lambang bilangan digunakan untuk mengenalkan lambang atau model bilangan, Kartu pasangan, dan Lotto Warna.
References
Depdiknas. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak- Kanak Sekolah Dasar
Dhine, Nurbiana, dkk. 2007. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Harjanto. 2010 .Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Suryadi. 2007. Cara Efektif Memaham Perilaku Anak Usia Dini.Jakarta: EDSA Mahkota
Thoiruf, 2008. Menjadi Guru Inisiator.semarang : Rasail.
Tedjasaputra, Meyke. 2001. Bermain, Mainan dan Alat Permainan. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.
Zaman Badru, dkk. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Zed, M. 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Copyright (c) 2021 Basori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.