MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK PINTAR DI TK MUJAHADAH

  • Basori STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: mengenal huruf, media kotak pintar

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini dengan menggunakan media kotak pintar. Media merupakan alat penyampai pesan dari pengiri kepada penerima dalam hal ini guru sebagai pengirim pesan dan siswa sebagai penerima pesan. Salah satu kegunaan dari media pembelajaran ini adalah untuk mengemas materi yang akan disajikan agar terlihat menarik sehingga anak dalam pembelajaran merasakan kenyamanan dan juga memudahkan siswa untuk menerima pembelajaran. Media kotak pintar dipilih dengan alasan merupakan media yang ramah lingkungan, murah dan juga efektif dalam penggunaannya. Media kotak pintar merupakan media yang berbentuk media kotak yang memiliki dua sisi yang didalam kotak berisikan gambar dan juga kata yang menjelaskan tentang gamba tersebut. Setelah dilakukan penelitan di TK Mujahadah media kotak pintar ini memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun dengan hasil 98,25% itu artinya media kotak pintar ini memiliki kontribusi yang kuat dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak.

References

Mislahusnika. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf pada Anak Usia Dini di PAUD Teratai. Skripsi (diterbitkan). Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Puspitasari, K., & khotimah, M. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.

Sari, R. Y. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Simbol Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Huruf Di Kelompok A PAUD Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Skripsi (diterbitkan). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Trisnawati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.

Zaini, A. 2015. Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1).
Published
2021-04-17
How to Cite
Basori. ( ). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK PINTAR DI TK MUJAHADAH. Al Abyadh, 3(2), 52-58. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/191