PENGARUH INTERVENSI PENDIDIKAN “KESEHATAN MENTAL” DALAM MENINGKATKAN SCHOOL WELL-BEING PADA REMAJA DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU

  • Lailatul Izzah STAI Diniyah Pekanbaru
  • Willytiyo Kurniawan STAI Diniyah Pekanbaru
  • Hanny Rufaidah Damra STAI Diniyah Pekanbaru
  • Ulya Hersa Putri Mahasiswa Psikologi Islam STAI Diniyah Pekanbaru
  • Lia Adewila Putri Mahasiswa Psikologi Islam STAI Diniyah Pekanbaru
  • Desi Susilawati Mahasiswa Psikologi Islam STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: School well-being, Kesehatan Mental

Abstract

School well-being merupakan keadaan dimana siswa dapat memenuhi kebutuhan  dasarnya yang meliputi rasa memiliki (having), mencintai (loving), kebutuhan untuk pertumbuhan pribadi (being) dan kesehatan (healt). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi pendidikan kesehatan mental dalam meningkatkan school well-being pada remaja di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yaitu melihat kemungkinan pengaruh variable vevas dengan kelompok eksperimen dengan menggunakan metode statistic. Responden dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Pekanbaru yang berusia 15-17 tahun berjumlah 30 orang (15 kelompok control dan 15 kelompok eksperimen).metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar skala schoole well-being dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis non parametric uji Friedman dan Man-Whitney. Berdasarkan daya dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan tingkat school well-being yang signifikan antara siswa yang mendapatkan intervensi pendidikan kesehatan mental dan yang tidak mendapatkan intervensi pendidikan kesehatan mental.

References

Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Fatimah, B.S. (2010). Hubungan antara stres dengan school well-being pada siswa kelas XI SMA Negeri di Jakarta. Skripsi. Depok : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Latipun. (2008). Psikologi eksperimen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Huebner, S.E., & McCullough, G. (2000). Correlates of school satisfaction among adolescents. The Journal of Educational Research. Vol 93 (5). 331-335
Konu, A., & Rimpela, M. (2002). Well-being in school : A conceptual model. Health Promotion International. 17(1), 79-89
Rahayu, I.T., & Ardani, T.A. (2004). Observasi dan wawancara. Malang: Bayumedia Publising
Sarwono, S.W. (2013). Psikologi remaja. Jakarta : PT Raja Grafindo
Shoshani, A. & Ste inmetz, S. (2013). Positive psychology at school : A school-based intervention to promote adolescents’ mental healt and well-being. Journal Happiness stud. 1-23. DOI 10.1007/s10902-013-9476-1
Bornstein, M.H., Davidson, L., Keyes, C.L.M., & Moore, K.A. (2003). Dimensions of Well-Being and Mental
Health in Adulthood. Well-Being: Positive Development
Sindonews. (2017). Indonesia tempati posisi tertinggi perundungan di ASEAN. Diunduh tanggal 22 Desember 2019 dari https://nasional.sindonews.com/read/1223442/15/indonesia-tempati-posisi-tertinggi-perundungan-di-asean-1500880739.
Suratin, R. (2012). Stop school bullying wujudkan school well-being . Konselor sekolah. Diunduh pada tanggal 03 Januari 2020 dari http://www.konselorsekolah.com/2012/04/stop-school-bullying-wujudkan-school.html
Kartasasmita, S. (2017). Hubungan antara School Well-Being dengan Rumination. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 248. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.358
Konu, A., Alanen, E., Lintonen, T., & Rimpelä, M. (2002). Factor structure of the School Well-being Model. Health Education Research, 17(6), 732–742. https://doi.org/10.1093/her/17.6.732
Konu, Anne, & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79
Rachman, 2016. (2016). 2 = 0,297. 11(2), 99–108.
Rizky & Listiara 2014, R. & L. (2014). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Mahasiswa. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 3(4), 356–367.
Shoshani, A., & Steinmetz, S. (2013). Psikologi positif di Sekolah: Sebuah Sekolah Berbasis Intervensi untuk Mempromosikan Kesehatan Mental Remaja dan Kesehatan. (Idc).
Published
2020-06-30
How to Cite
Izzah, L., Kurniawan, W., Damra, H. R., Hersa Putri, U., Adewila Putri, L., & Susilawati, D. (2020). PENGARUH INTERVENSI PENDIDIKAN “KESEHATAN MENTAL” DALAM MENINGKATKAN SCHOOL WELL-BEING PADA REMAJA DI MA MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Nathiqiyyah, 3(1), 68-85. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.307