STRATEGI DAKWAH KULTURAL DI INDONESIA

  • Exsan Adde Adde Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Dakwah, Kultural, Strattegi

Abstract

Istilah budaya berasal dari Inggris adalah asal kata "culture", dan itu mengacu pada kesopanan, budaya, dan perhatian. Menurut teori yang berbeda, kata “kebudayaan” berasal dari kata latin “cultura” yang berarti “mengolah”, “memelihara”, atau “mengusahakan”. Struktur terbaik, khususnya jenis budaya sebagai kompleks pemikiran, pemikiran. , skor. ,norma, aturan, dan sejenisnya; (2) perilaku, khususnya budaya, yang merupakan pola kompleks aktivitas perilaku manusia dalam masyarakat; dan (3) objek, khususnya budaya, yang menjadi objek perilaku manusia dalam bekerja. Untuk memahami dakwah budaya, dua kata kuncinya adalah: Pertama dan utama, dakwah budaya adalah segala sesuatu yang menggugah kepentingan masyarakat atau manusia sebagai makhluk budaya. hadis Nabi. Kedua, dakwah budaya adalah cara mempresentasikan Islam dengan cara yang mudah dipahami oleh masyarakat. Tentu hal ini sejalan dengan pendekatan hikmah yang digariskan dalam Al-Qur'an An-Nahl 16:125: Dengan hikmat, “ajaklah Tuhanmu ke jalan.” Oleh karena itu, dakwah budaya merupakan metode untuk menyampaikan misi Islam yang terbuka, toleran, dan adaptif dengan budaya dan praktik masyarakat setempat.

References

Aibak, Kutbuddin. "Strategi Dakwah Kultural dalam Konteks Indonesia." Mawa’Izh 1.2 (2016): 263-286.
Al Hana, Rudy. "Strategi Dakwah Kultural Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur." Jurnal Komunikasi Islam 1.2 (2011): 149-160.
Bungo, Sakareeya. "Pendekatan Dakwah Kultural Dalam Masyarakat Plural." Jurnal Dakwah Tabligh 15.2 (2014): 209-219.
Chozin, Muhammad Ali. "Strategi Dakwah Salafi di Indonesia." Jurnal Dakwah 14.1 (2013): 1-25.
Mubasyaroh, M. Strategi Dakwah Persuasif dalam Mengubah Perilaku Masyarakat. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 311-324. 2017
Nelson, “ Manajemen Dakwah”, (LP2 Stain Curup, 2010), hlm. 27
Nelson dan Hariya Toni, “ Ilmu Dakwah”,(Lp2 Stain Curup, 2013). Hlm.2
Robby Aditya Putra, Dampak Film Para Pencari Tuhan Jilid X Terhadap Religiusitas Remaja, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol.3, No 1, 2018, hlm. 1-24.
Radhina Rifa Muthiah, Strategi Dakwah Kultural Dkm Masjid Baiturrahman Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Agama Islam,Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020 Hlm, 39.
Published
2022-12-31
How to Cite
Adde, E. A. (2022). STRATEGI DAKWAH KULTURAL DI INDONESIA. Dakwatul Islam, 7(1), 59 - 78. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v7i1.573