Analisis Manajemen Hotel dalam Menciptakan Service Excellent Terhadap Pelanggan

  • Willytiyo Kurniawan IAI Diniyyah Pekanbaru
Keywords: Manajemen, service excellent, Pelanggan, Hotel

Abstract

Penelitian ini fokus pada analisis Manajemen Hotel X dalam upaya mencapai service excellent terhadap Pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Hotel X mewujudkan service excellent terhadap Pelanggan. Tiga informer yang terlibat dalam penelitian ini adalah Human Resources Development (HRD), Asisten Front Office Manager (Asst FOM), dan Asisten Food & Beverage Manager (Asst FBM) dari Hotel X. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, di dapat hasil bahwa Hotel X menerapkan prinsip-prinsip manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan agar dapat menciptakan service excellent. Konsep service excellent mencakup aspek kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab. Berdasarkan analisis penulis, semua konsep yang diterapkan oleh Hotel X dinilai berhasil dalam menciptakan service excellent kepada pelanggan di Hotel X.

References

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Reineka

Assauri, S. 2012. Strategic Marketing. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Barata, A.A. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Bungin, B. 2003. Analisis Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Bungin, B. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group

Cutlip, S. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana

Daft, R.L. 2007. Management Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Eriyanto. 2011. Analisis Isi Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Pranamedia Group

Gusti, Utama BR. 2016. Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: Deepublis

Hamzah, F dan Hariyanto. 2015. Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Sumber Alam Resort Garut. Jurnal Pariwisata. Vol. 2, No. 2: 91

Hasibuan, M. 2004. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara

Herujito, Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Grasindo

Japarianto, E. 2007. Analisis Kualitas Layanan Sebagai Pengukur Loyalitas Pelanggan Hotel Majapahit Surabaya dengan Pemasaran Relasional sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Perhotelan. Vol. 3, No. 1: 36

Joko, S. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Moleong, L.J. 2008. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nina R. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Poerwandari. 2007. Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta: Perfecta. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Prasetyorini, R. 2003. Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jawa Tengah: Guruvalah Inc

Rahmadanti, A. 2015. Persepsi Siswa terhadap Pelayanan Prima di SMA Negeri 2 Painan. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 3, No. 1: 2

Redjasa, K. 2015. Strategi Pelayanan Prima sebagai Upaya Memenangkan Persaingan Bisnis pada Restoran Masa INN di Era Pasar Bebas. Jurnal Sosial dan Humaniora. Vol. 5, No.1: 34

Rokhayati, I. 2014. Pengembangan Teori Manajemen dari Pemikiran Scientific Management Hingga Era Modern Suatu Tinjauan Pustaka. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 15, No.02: 3

Rudy, T. M. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat internasional Bandung: PT Refika Aditama

Ruslan, R. 2006. PR dan Komunikasi Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ruslan, R. 2007. Manajemen Publik Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ruslan, R. 2010. Metode Pnelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sutopo dan Adi S. 2003. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Tjiptono, F dan Anatasia D. 2001. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi

Wahyu, S. 2012. Responsibilities and Excellent Service on Customer Satisfaction: Case Study of DKI Islamic Bank. Journal International Conference and Education Inovation. Jurnal IPEDR. Vol. 37: 199.

Wibowo. 2007. Manajemen Perubahan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wihardit, K. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Yoeti, A.O. 2007. Hotel Marketing. Jakarta: PT PERCA

Published
2023-08-14
How to Cite
Kurniawan, Willytiyo. 2023. “Analisis Manajemen Hotel Dalam Menciptakan Service Excellent Terhadap Pelanggan”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 20 (2), 193-205. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i2.778.