Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran

  • Rahmad Fauzi Lubis STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Kemampuan, Perhatian Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran pendidikan dan factor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, sebagaimana subjek penelitian ini adalah semua guru sementara objek dalam penelitian ini adalah kemampuan guru menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran Pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisa data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisa persentase kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari analisa data hasil observasi dan analisa data hasil angket sebagai data pendukung, kemampuan guru menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran pendidikan.

References

Aan Hasanah. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

E, Mulyasa. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ernawati. (2012). Hubungan Perhatian Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Pekanbaru: UIN Suska Riau.

Hamzah B. Uno. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jalaluddin Rahmat, psikologi komunikasi, ( Online ), tersedia di: http :// forumgurunusantara. Blogspot.com.com/2012/10/pengertian-pengertian- dan macam-macam.html tanggal download, 11 maret 2015.

Mardia Hayati. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Pekanbaru: Al- Mujtahadah press.

Mohamad Surya. (2013) Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeda.

Multazam, Metode Dan Pengajaran Dalam Islam, ( Online ), tersedia di: http: //multazam-einstein.blogspot.com/2013/07/hadist-tentang – pendidikan –dan- penagajaran.html, 2013, tanggal download, 07 januari 2015

Nasrul HS (2012). Profesi Etika Keguguran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo,.

Rahmat. (2011). Kemampuan Guru Menggunakan Media Visual Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi Pekanbaru: UIN Suska Riau.

Raudatul Asmariah. (2010) Kemampuan Guru Melaksanakan Proses Pembelajaran Bidang Studi Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pecan Heran Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi Pekanbaru: UIN Suska Riau.

Sakilah. (2013). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Pekanbaru: Pustaka Mulya.

Sardiman. (2009). Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2007). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.

Tim Pustaka Phoenix. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Media Pustaka.

Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Wasty Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

. (2012). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
2019-06-24
How to Cite
Lubis, Rahmad Fauzi. 2019. “Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa Dalam Proses Pembelajaran”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 16 (1), 152-75. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/18.