KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN

  • Rahmad Fauzi Lubis STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Kreativitas, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas  Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dalam menggunakan media pembelajaran dan faktor-faktor penghambat dan pendukung  Kreativitas  Guru. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Pendidikan agama seharusnya sudah dulai sejak lahir kepada anak untuk mencetak insane yang robbani. Dengan ini diharapkan pendidikan agama menjadi dasar pembentukan kperibadian anak. Dalam menghadapi ega globalisasi, pendidikan memiliki tugas besar yang tidak ringan memang. Peningkatan keimanan dan ketaqwaan dilakukan untuk mengantisipasi dampak negative dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Oleh itu sebab dalam rangka memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa pendidikan agama dinyatakan sebagai kurikulum wajib pada semua jalur, jenis dan jenjang pendidikan.

References

Abraham, H. Maslow. (1994). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta : PT. PBP.

Anton M. Moeliono, dkk. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke-3. . Jakarta :Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan Balai Pustaka.

Arifin, M. H. (1977). Hubungan timbal balik pendidikan agama di lingkungan sekolah dan keluarga sebagai pola pengembangan metodologi (Cet. 3.). Jakarta: Bulan Bintang.

Arief S. Sadiman, dkk. (2007). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Grafindo Persada
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi Salma Prawradilaga dan Eveline Siregar. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Djiwandono. Sri Esti Wuryani. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Fatah Syukur. (2002). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail

Kunandar. (2007), Guru Professional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Gur. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Maimunah Hasan. (2002). Membangun Kreativitas Anak secara Islami (Edisi 1, Volume 1, Printing 3.). Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Margaret E. Bell. (1994). Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

M. Basyirudin Usman dan Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama

Nana Sudjana dan Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Peter Salim dan Yenny Salim. (1991). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press

Utami Munandar. (2004). Pengembangan kreativitas anak berbakat Jakarta : Rineka Cipta,

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta:Media Abadi
Published
2020-07-24
How to Cite
Lubis, R. F. (2020). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN. Al-Abyadh, 3(1), 16-26. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/167
Section
Articles