Kurikulum (MANHAJ) Dalam Perspektif Pendidikan Islam
(Sebuah Kajian Tentang Written Kurikulum dan Hidden Kurikulum)
Abstract
Kurikulum merupakan program pendidikan dalam menjalankan program pengajaran, yaitu program yang direncanakan diprogramkan dan dirancangkan yang berisi berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar baik yang berasal dari waktu yang lalu, sekarang maupun yang akan datang. Berbagai bahan ajar tersebut direncanakan secara sistematik, artinya direncanakan dengan memperhatikan keterlibatan berbagai faktor pendidikan secara harmonis. Berbagai bahan ajar yang dirancang tersebut harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku sekarang, diantaranya harus sesuai dengan Pancasila, UUD 1945, adat istiadat dan sebagainya. Program tersebut akan dijadikan pedoman bagi tenaga pendidik maupun peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar dapat mencapai cita-cita yang diharapkan sesuai dengan yang tertera pada tujuan pendidikan. Jadi kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistematik atas norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
References
Ali Muhammad. 2008. Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arief Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Arifin, Zainal. 2012. Konsep dan Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offser.
Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Cet I. Jakarta: Ciputat Pers.
Basri, Hasan dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan islam, Jilid II. Bandung: Pustaka Setia.
Dakir. 2004. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jilid II. Bandung: Pustaka Setia.
Hermawan, Asep Hery. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.
Junaidi, Mahfud. 2010. Ilmu Pendidikan Islam; Filsafat dan pengembangan. Semarang RaSAIL media Group.
Langgulung, Hasan. 2003. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Pustaka al Husna Baru. Mujib Abdul dan Mudzakkir Jusuf. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda.
Mustofa, Hendyat. 1993. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Nizar, Samsul. 2013. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Ramayulis dan Samsul Nizar. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sabda,Syaifuddin. 2009. Model Pengembangan Kurikulum Terintegrasi Saintek dengan Imtaq. Banjarmasin: Antasri Press. Tafsir Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya.
Tim pengembangan MKDP, Kurikulum dan Pembelajaran. 2011.Kurikulum & pembelajaran, (Jakarta. Rajawali Pres).
Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Teras.
Zuhairini, Dkk. 1994. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarat: Bumi Aksara
Copyright (c) 2018 Baktiar Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.