KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM MASA REFORMASI

  • Marzuenda Marzuenda STAI Al-Azhar Pekanbaru
  • Usman Usman UIN SUSKA Riau
Keywords: reformasi, pendidikan, Islam

Abstract

Perkembangan lembaga pendidikan islam di masa reformasi masih mengalami kelemahan di antaranya kelemahan sumber daya manusia, lembaga pendidikan islam belum mampu mewujudkan cita-cita idealnya dan masih kurangnya minat masyarakat dengan pendidikan islam, di era reformasi pendidikan agama berhenti pada simbol tanpa tahu mejalankan aturan dan perintah agama.

Dalam kebijakan pedidikan islam ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya faktor agama, faktor ideologi negara, faktor perkembangan masyarakat, faktor perkembangan ilmu pengetahuan. Dari faktor tersebut lembaga pendidikan islam perlu perhatian untuk meningkatkan kebijakan dalam kemajuan dunia pendidikan islam.

Hal ini terlihat dari perkembangan dunia pendidikan islam di masa reformasi masih banyak kekurang diantaranya suri tauladan yang tidak memberikan contoh yang baik kepada pendidik, mata pelajaran pendidikan islam tidak mata pelajaran wajid padahal kita tau untuk menjalani ibadah dan akhlak sehari-hari dari pelajaran agama, pemerintah setengah-setengah dalam memberikan kebijakan pendidikan islam, perlunya pembinaan untuk guru pendidikan islam dalam menyatukan visi dan misi pendidikan Islam. 

 

Published
2022-08-26
How to Cite
Marzuenda, M., & Usman, U. (2022). KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM MASA REFORMASI. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1), 61-74. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Kreatifitas/article/view/535