MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

  • Yusnimar Yusri Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Pekanbaru
  • Marzuenda Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Pekanbaru
Keywords: model pembelajaran, virtual learning, lembaga pendidikan Islam

Abstract

Pada masa sekarang, model pembelajaran yang diterapkan hampir di semua lembaga pendidikan Islam menggunakan model pembelajaran daring atau yang lebih dikenal dengan istilah virtual learning. Model pembelajaran virtual learning mengarah kepada proses pembelajaran yang terjadi di kelas maya yang berada dalam cyberspace melalui jaringan internet. Penerapan virtual learning bertujuan mengatasi problema terpisahnya jarak antara ruang dan waktu antara pendidik dan peserta didik melalui media Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui model pembelajaran ini diharapkan kepada seluruh peserta didik mampu melaksanakan proses belajar mengajar secara maksimal.

            Tujuan penelitian yaitu  untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran virtual learning pada lembaga pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini yaitu  deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa peran lembaga pendidikan Islam secara khusus, menjadikan guru dan siswa lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet yaitu dengan menggunakan model pembelajaran virtual learning. Dengan dilaksanakannya model pembelajaran virtual learning dapat membantu siswa belajar jarak jauh, sebagai penggabungan belajar tatap muka di sekolah. Model pembelajaran virtual learning ini juga dapat membantu pemerintah memutus penyebaran covid-19, sehingga proses pembelajaran tatap muka yang biasanya tetap terlaksana seperti yang diinginkan.

Published
2022-02-23
How to Cite
Yusri, Yusnimar, and Marzuenda Marzuenda. 2022. “MODEL PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 10 (2), 111-25. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v10i2.421.