Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Agama Islam di Era Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas evaluasi penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis teknologi informatika untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam membentuk peserta didik yang berakhlak mulia. Pembelajaran yang terjadi di Indonesia tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang mengalami pertumbuhan pesat. Sehingga pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan perubahan yang terjadi. Untuk mengetahui sejauh mana keefektivan teknologi terhadap dunia Pendidikan di era digital saat ini, perlu dilakukan evaluasi agar terlihat hasil penggunaan teknologi dalam mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Jenis penelitian ini menggunakan desain meta analisis untuk mengetahui pengaruh penerapan penggunaan teknologi informatika dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan melakukan evaluasi. Analisis data yang digunakan berbentuk review beberapa artikel jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian yang diangkat. Dan diperoleh hasil penelitian evaluasi teknologi Pendidikan terhadap proses belajar mengajar di era digital yang terjadi saat ini, bahwa proses Pendidikan harus menyesuaikan perkembangan yang terjadi.
References
Abdul Mun’im Amaly, Giantomi Muhammad, Muhammad Erihadiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (June 30, 2021): 88–104. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/6712.
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (February 28, 2018): 79–96. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/17.
Giantara, Febri, Amril M, and Abu Bakar. “Tantangan Transformatif PAI Di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 19, no. 1 (July 8, 2022): 141–155. Accessed December 4, 2023. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/257.
Hasriadi. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (February 1, 2022): 17–28. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/121.
———. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (February 1, 2022): 17–28. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/121.
Hudri, Salman, and Khotibul Umam. “Konsep Dan Implementasi Merdeka Belajar Pada Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Moderasi : Journal of Islamic Studies 2, no. 1 (July 4, 2022): 51–59. https://ejournal.nuprobolinggo.or.id/index.php/moderasi/article/view/22.
Lubis, Nur Afni, and Imelda Wahyuni. “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Tengah Pandemi Covid-19.” An-Nuha 1, no. 1 (February 26, 2021): 19–24. http://annuha.ppj.unp.ac.id/index.php/annuha/article/view/3.
Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021).
Miasari, Rahmalia Syifa, Cory Indar, Pratiwi Pratiwi, Purwoto Purwoto, Unik Hanifa Salsabila, Ulfiyana Amalia, and Syaiful Romli. “TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI JEMBATAN REFORMASI PEMBELAJARAN DI INDONESIA LEBIH MAJU.” Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi 2, no. 1 (January 17, 2022): 53. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/JMPD/article/view/6390.
Mokalu, Valentino Reykliv, Johanes Kornelius Panjaitan, Noh Ibrahim Boiliu, and Djoys Anneke Rantung. “Hubungan Teori Belajar Dan Teknologi Pendidikan.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 1 (January 19, 2022): 1475–1486. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2192.
Salsabila, Unik Hanifah, Putri Fauziatul Fitrah, and Astuti Nursangadah. “Eksistensi Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam Abad 21.” JURNAL EDUSCIENCE 7, no. 2 (December 28, 2020): 68–77. http://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/1913.
Salsabila, Unik Hanifah, Jany Fitria Khoirunnisa, Rasyid Herbanu Indra Saputra, Alfi Zidanurrohim, and Muhammad Hafidhdin. “Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 4 (December 30, 2022): 1634–1640. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4116.
Subando, Joko. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jawa Tengah: Lakeisha, 2022.
Uswatun Hasanah. “PERAN PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR.” TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666 3, no. 1 (April 30, 2022): 6–9. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/teacher/article/view/1055.
Wahyuni, Sri, Fitriani Siregar, Sudi Fahmi, and Febri Giantara. “Keselarasan Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Proses Pendidikan Agama Islam Di Indonesia Masa Kini.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 1 (June 28, 2023): 1–15. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/697.
Widiyono, Aan, and Izzah Millati. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Era 4.0.” Journal of Education and Teaching (JET) 2, no. 1 (January 29, 2021): 1–9. https://jet.or.id/index.php/jet/article/view/63.
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Neni Neni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.