Keselarasan Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Proses Pendidikan Agama Islam di Indonesia Masa Kini
Abstract
Fazlur Rahman menjadi seorang filsuf yang berani tampil dengan pemikirannya serta menawarkan metodologi pemahaman terhadap agama Islam. Menurutnya, penafsiran ayat-ayat Al-Qur’an harus sejalan dengan perubahan social. Fenomena yang terjadi adalah munculnya perdebatan ingin memberikan solusi terbaik serta mempertahankan interpretasi klasik. Tentu saja tantangan terkini adalah membuktikan keberadaan al-Qur’an sebagai solusi seluruh permasalahan sosial di masyarakat, karena memang al-Qur’an menjadi mukjizat dan kitab seluruh alam. Mampu bertahan dan menyajikan solusi hingga akhir zaman. Metode yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu upaya menggunakan kajian pustaka dalam mendapatkan data dari dokumen kepustakaan seperti buku, kitab, majalah, jurnal dan dokumen lainnya yang dianggap perlu. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pemikiran Fazlur Rahman masih relevan dengan proses Pendidikan Islam di Indonesia saat ini.
References
Arisanti, Dewa Ayu Kade. “ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (2022).
Burhanuddin, Burhanuddin. “PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ANTARA CINTA DAN FAKTA.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan 8, no. 2 (2020).
Dewi, Fitri Nur Rohmah. “Konsep Diri Pada Masa Remaja Akhir Dalam Kematangan Karir Siswa.” KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling” 5, no. 1 (2021).
Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018).
Giantara, Febri, Amril M, and Abu Bakar. “Tantangan Transformatif PAI Di Era Kontemporer Perspektif Kecerdasan Spiritual-Sosial.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 19, no. 1 (2022): 141–155.
Hamsah, Muhammad, and Nurchamidah Nurchamidah. “PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NEO-MODERNISME (Studi Analisis Pemikiran Fazlur Rahman).” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 6, no. 1 (2019).
Hanipudin, Sarno. “Pendidikan Islam Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Matan : Journal of Islam and Muslim Society 1, no. 1 (2019).
Mawaddah, Ummu, and Siti Karomah. “Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Pendidikan Modern Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3, no. 1 (May 8, 2018): 15–27. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/1516.
Mubaroq, Ahmad Isa, Aslich Maulana, and Hasan Basri. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN.” TAMADDUN 20, no. 2 (2020).
Mudaris, Hudan. “Cita Menuju Ideal Moral Al-Qur’an (Kajian Atas Neo-Modernisme Fazlur Rahman).” Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 3, no. 2 (2009).
Munah, Mae, Eni Suhaeni, Nas Rullah, and Asep Abdurrohman. “DINAMIKA ISLAM DI INDONESIA: KEBIJAKAN POLITIK TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PASCA MERDEKA-REFORMASI.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 18, no. 1 (2022).
Musyafi’. “Pendidikan Islam Dan Dinamika Madrasah Diniyah Di Era Modern.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2019).
Prayitno, Hadi, and Aminul Qodat. “KONSEP PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (September 2, 2019): 30. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/5150.
Rahman, Fazlur. Islam. Bandung: Pustaka, 1984.
———. Membuka Pintu Ijtihad. Bandung: Pustaka, 1995.
Ryzka Dwi Kurnia. “Pemikiran Fazlur Rahman Mengenai Politik Islam.” Politica: Jurnal Hukum Tata Negara dan Politik Islam 8, no. 2 (2021).
Syaifudin, Roziq. “EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KACAMATA AL-GHAZALI DAN FAZLUR RAHMAN.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 2 (2013).
Widayani, Hana. “Neomodernisme Islam Dalam Perspektif Fazlur Rahman.” El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis 9, no. 1 (2020).
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Fitriani Siregar, Sudi Fahmi, Febri Giantara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.