Media Promosi Pondok Pesantren Hayatul Qur'an Indragiri Hilir Riau

  • Nur Komariah Universitas Islam Indragiri
  • Rahmaisyah Universitas Islam Indragiri
  • Haldian Universitas Islam Indragiri
  • Silvia Wulandari Universitas Islam Indragiri
Keywords: Media Promosi, Pondok Pesantren, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini mengkaji media promosi yang digunakan oleh Pondok Pesantren Hayatul Qur'an di Indragiri Hilir dalam meningkatkan jumlah calon santri baru. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Hayatul Qur'an menggunakan media promosi yang beragam, meliputi website resmi, akun media sosial (Facebook, Instagram, YouTube), brosur, dan spanduk. Selain itu, promosi juga dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan lain dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Pemanfaatan teknologi informasi melalui media sosial, pesantren ini berupaya mempromosikan keunggulan dan program-program unggulannya untuk menarik minat masyarakat. Temuan ini memberikan gambaran tentang cara pesantren memanfaatkan media promosi untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan jumlah peminat calon santri baru.

References

Apriyanto, A., Subaweh, A. M., & Setiawardani, W. (2023). Strategi promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital: explorative case study. Gema Wiralodra, 14(1), 422–433. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.358

Fathurrochman, I., Endang, E., Bastian, D., Ameliya, M., & Suryani, A. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471

Giantara, Febri. Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, Dan Penelitian Tindakan). Edited by Novi Yanti. Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru, 2020.

Hernawati, H., & Mulyani, D. (2023). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam dalam menyiapkan Generasi Tangguh di Era 5.0. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 1. https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.1-17

Ifrani, I., Utami, S., & Hanifah, L. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Dan Kekerasan Seksual Bawah Sadar Di Pondok Pesantren Putra Darul Istiqamah Barabai. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 3(3), 533. https://doi.org/10.20527/ilung.v3i3.11296

Joko Suwarno S.Kom., M. K. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Sosial Media Untuk Nafidatunnajah. 3, 231–233.

Mahbub, M., & Husnia Zen, E. (2020). Pengaruh Promosi Pendidikan Terhadap Minat Peserta Didik Baru MAN 3 Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 2(1), 113. https://doi.org/10.30739/jmpid.v2i1.601

Maulana ridwan, I., & Febriani, H. (2024). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Pesantren Persis 84 Tingkat Mu’allimin/Aliyah. Al-Ibanah, 9(1), 19–30. https://doi.org/10.54801/ibanah.v9i1.251

Indriyani, Sri, Neriani Neriani, Dzakirah Nur Assyifa, Maya Wulan Sari, and Wismanto Wismanto. “Korelasi Kedudukan Dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik”. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 2 (December 31, 2023): 123-135. Accessed June 20, 2024. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/888.

Wahyuni, Sri, and Neni Neni. “Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Era Digital”. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 2 (December 29, 2023): 81-90. Accessed June 20, 2024. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/871.

Published
2024-06-20
How to Cite
Komariah, N., Rahmaisyah, R., Haldian, H., & Wulandari, S. (2024). Media Promosi Pondok Pesantren Hayatul Qur’an Indragiri Hilir Riau. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 2(1), 31-41. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v2i1.1047