Korelasi Kedudukan dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik
Abstract
Artikel ini memberikan gambaran tentang kedudukan dan fungsi Sunnah dalam Al-Qur'an. Jika Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam terjamin kebenarannya, maka keutuhan dan kemurniannya hanya mencakup kaidah-kaidah umum syariat Islam. Jadi diperlukan bantuan untuk menafsirkan aturan dan hukum yang masih bersifat universal ini. Ketika Nabi masih hidup, para sahabat langsung bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang permasalahan yang muncul. Sunnah merupakan keterangan Nabi Muhammad SAW berupa ucapan (sunnah qauliyah), perbuatan (sunnah fi'liyah) dan ketetapan Nabi (sunnah taqririyah). Selain itu, Sunnah juga merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. Hal ini disebabkan adanya perbedaan hakikat yaitu Al-Qur’an adalah qhat’i al wurud sedangkan Sunnah adalah Dhani al wurud. Walaupun fungsi Sunnah dalam kaitannya dengan Al-Qur'an adalah yang pertama, namun Sunnah berfungsi sebagai penegas (ta'qid) terhadap apa yang dibawa oleh Al-Qur'an. Kedua, fungsi Sunnah sebagai penjelasan (tabyin) yang terdapat dalam Al-Qur'an. Dan ketiga, fungsi Sunnah sebagai maqillana atau penetapan hukum yang belum ada dalam Al-Qur'an. Sunnah dan Alquran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan antara mubayyin dan maudhu al bayan, mufashili dan maudhu ijmal serta juz' dan kull. Al-Qur'an lah yang membawa syariat secara ijmal dan sunnah yang menjelaskan semua juz'ii.
References
Sefriyono, Sefriyono, Ilhamni Ilhamni, and Rahmi Rahmi. “Hadis-Hadis Jihad: Dari Humanisme Menuju Kekerasan Agama.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 4, no. 2 (2022): 191–204. https://doi.org/10.15548/mashdar.v4i2.4662.
Afriana, riza devi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 6, no. November (2017): 5–24.
Aguayo Torrez, Madahi Veronica. 2021.
Ali, Muhammad, and antya Safira Prajayanti. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL Antiya Safira Prajayanti.” Kedudukan As-Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dan Pendidikan Islam Di Era Millenial 03, no. 2 (2019): 255–70.
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11 (2022): 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. “PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR” 11 (2022): 301–8.
Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 1 (2022): 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373.
Aulia, Gita, Safira Widari, and A Pendahuluan. “Sumber Ajaran Islam Dan Sumber Hukum Islam.” Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1, no. 3 (2023): 20–28.
Bakshi, R. “Solitary Inflammatory Demyelination in the Brain or Spinal Cord with Tumor-like MRI Presentations [2].” Archives of Neurology 58, no. 4 (2001): 677. https://doi.org/10.1001/archneur.58.4.677.
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. “Mitra PGMI : Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI : Jurnal Kependidikan MI 8 (2022): 100–110.
Dina, A, D Yohanda, J Fitri, and ... “Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2022): 149–58.
Elbina Saidah Mamla, Wismanto. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1, no. 2 (2021): 16.
Fitri, Aulia, Mukh Nursikin, and Wismanto Amin, Khairul. “Peran Ganda Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membimbing Siswa Bermasalah Di SD Islam Al-Rasyid Pekanbaru.” Journal on Education 5, no. 3 (2023): 9710–17.
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru” 4, no. 6 (2022): 1734–10351.
Huda, Mahmud, and Adella Dewi. “Larangan Menikah Pada Tradisi Kebo Balik Kandang Menurut Ulama.” Jurnal Hukum Keluarga Islam 7, no. 1 (2022): 17–32.
IMAM GUNAWAN, Henricus Suparlan, Tin Dels Marce, Welius Purbonuswanto, Utari Sumarmo, Ahmad Syaikhudin, Tri Andiyanto, et al. “Imam Gunawan.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2015): 59–70.
Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT” 05, no. 04 (2023): 11539–46.
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04, no. 04 (2022): 1448–60.
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam” 4, no. 3 (n.d.): 1162–68.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2021): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.
KEMENDIKNAS. “Character Education Implementation Guide Book.” The Ministry of National Education, 2011, 14–16.
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. “KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul” 11 (2022): 204–26.
Kusuma, Destiara. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah.” Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328 2 No. 2, no. 2 (2018): 34–40.
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. “IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN” 11, no. 2 (2022): 285–94.
Marintan Marintan, Dwi, and Nina Yuminar Priyanti. “Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 5331–41. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. “STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU” 11 (2022): 204–26.
Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim. “Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 1 (2019): 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370.
Maulana, Afif, and Andris Nurita. “Kontemplasi : Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin” 11 (2023).
Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05, no. 03 (2023): 10192–204.
Nata, Abudin. “Abudin Nata, Paradigma Pendidikan Islam (Jakarta: Grasindo, 2001), Hlm. 152 1,” n.d., 1–29.
Pendidikan, N Rochmawati - Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian, and undefined 2018. “Peran Guru Dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak.” Lppm-Unissula.Com, n.d.
Purwiandono, Gani. Bunga Rampai Islam Dalam Disiplin Ilmu Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia. Bunga Rampai Islam Dalam Disiplin Ilmu, 2022.
Puspitasari, Yuli. “Etika Komunikasi Tentang Kejujuran Dan Keadilan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Tabayyun 4, no. 1 (2023): 17–26. https://doi.org/10.61519/tby.v4i1.45.
Rahmawati, Mega, and Harmanto. “Pembentukan Nilai Karakter Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikanpancasila Dan Kewarganegaraan Bagi Siswa Tunagrahita.” Journal of Civics and Moral Studies 5, no. Vol. 7 No. 1 (2022) (2020): 59–72.
Ridwan, Muannif, M Hasbi Umar, and Abdul Ghafar. “SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA (Kajian Deskriptif Kualitatif Tentang Al-Qur’an, Sunnah, Dan Ijma’).” Borneo: Journal of Islamic Studies 1, no. 2 (2021): 28–41.
Roza, Yenita. “ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU,” 2004, 1–7.
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4, no. 1 (n.d.): 1082–88.
Sari, Yuni Maya. “Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23, no. 1 (2016): 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059.
Suharto, Tentiyo, Asmuni Asmuni, and Tuti Anggraini. “Konsep Al-Qur’an Sebagai Sumber Utama Dalam Hukum Islam.” Jurnal Multidisiplin Madani 2, no. 2 (2022): 955–76. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.468.
Sumatri, Titik Sukmiati, and Alwizar. “Paradigma Nilai Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal An-Nur 10, no. 2 (2021): 39–51.
Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12 (2023): 327–37.
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6, no. 1 (2023): 13. https://doi.org/10.29210/146300.
Theodoridis, Theodoros, and Juergen Kraemer., n.d.
Tresnasari, Ery. “Bersiwak Dalam Bidang Kedokteran Gigi Perspektif Tafsir Ilmi.” Istitut PTIQ Jakarta, 2021, 1–208.
Wahyuddin, Imam; Cahyono, Fajar; Alfaris, Fitri. “Moderasi Beragama Untuk Generasi Mienial Pancasila: Studi Kasus MI Tarbiyatu Sibyan Di Desa ‘Pancasila’ Balun, Turi, Lamongan.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (2022): 1–21.
Wirasasmita, Muhammad Aditya, Muhammad Fauzan Nasrulloh, Ahmad Syamsu Rizal, and Nurti Budiyanti. “Menghidupkan Sunnah Harian Rasulullah Dalam Pembentukan Karakter Pribadi Muslim.” Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 21, no. 1 (2023): 7–15.
Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru” 4, no. 4 (2023): 1625–33.
Wismanto, Zuhri Tauhid, Atiqah Zhafirah. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12 (2023): 338–50.
Wismanto. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase,” n.d.
Wismanto Abu Hasan. Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar Memahami Tauhid Dan Syirik. 1st ed. Pekanbaru: Cahaya Firdaus, 2018.
Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai, 2021.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2, no. 2 (2014): 286–95. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.
Copyright (c) 2023 Sri Indriyani, Neriani Neriani, Dzakirah Nur Assyifa, Maya Wulan Sari, Wismanto Wismanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.