PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PENGHARGAAN FINANSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH KARIR DI LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH NON BANK(LKSNB)

(STUDI PADA MAHASISWA/MAHASISWI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UIN SUSKA RIAU)

  • Widya Khaidir STAI Diniyah Pekanbaru
  • Rizki Rahmatullah STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Minat Memilih Karir, Lembaga Keuangan Syari’ah Non Bank,, Tingkat Religiusitas,, Penghargaan Finansial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Memilih Karir Di Lembaga Keuangan Syari’ah Non Bank (LKSNB) (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Program Studi Akuntansi Uin Suska Riau). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa/mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Program Studi Akuntansi S1, Konsentrasi Akuntansi Syariah, angkatan 2017 dan 2018 yang berjumlah 54 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda dan diolah menggunakan aplikasi program SPSS versi 25. Hasil dari pengujian parsial menunjukkan bahwa variabel Tingkat Religiusitas dan Penghargaan Finansial memiliki pengaruh terhadap Minat Memilih Karir. Besarnya adjusted R2 adalah 0,860, hal ini berarti 86 % variasi Minat Memilih Berkarir dapat dijelaskan oleh variasi dari Tingkat Religiusitas dan Pengahargaan Finansial. Sedangkan sisanya 14 % dijelaskan oleh sebab (variabel) lainnya diluar model.

References

Abror, Abdul Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Taira Wakana.
Ahmad, Fakhrizal. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berkarir di Perbankan Syari’ah. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Amalia, Euis, dkk. 2012. Potret Pendidikan Ekonomi Islam di Indonesia. Jakarta: Gramata Publising.
Anastasi, Anne dan Urbina, Susana. 1997. Psychological Testing, Seventh Edition. New Jersey: Prenctice-Hall, Inc.
Apriyani, Marshelly. 2015. Analisis Minat Mahasiswa Pasca Magang Untuk Bekerja Di Bank Syari’ah. Skripsi. Yogjakarta: UII.
Ardianto, Niko. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi terhadap Pemilihan Karir Akuntan Publik dan Non Publik. Skripsi. Semarang: UNDIP.
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Djalaludin. 1995. Psikologi agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Empat.
Djamaludin. 2008. Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi Cetakan VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Firmansyah, Edo. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi dalam Memilih Karir pada Kantor Akuntan Publik. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarsa, S. D. & Gunarsa, Yulia. 2008. Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, Elisabeth. 2000. Perkembangan anak jilid 2. Alih bahasa meita Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. 2012. Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Hawani, Iga Putri dan Rahmayani. 2017. Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Akuntansi Tentang Pajak Dan Audit Terhadap Minat Berkarir Di Bidang Perpajakan dan Audit. Jurnal Media Akuntansi Perpajakan Vol.01 No.01. Jakarta: Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Jogiyanto, H.M. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kariyoto. 2013. Akuntansi dalam perspektif Syari’ah Islam. Jurnal JIBEKA. Volume 7 No 2 Agustus 2013. Malang: Universitas Brawijaya.
Kaswan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia: untuk keunggulan bersaing organisasi. Yogjakarta: Graha Ilmu).
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitaif: Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Munfaati, Annisa. 2017. Pengaruh Pengalaman Praktik Magang Terhadap Minat Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Kerja Di Industri Perbankan. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Natawijaya, Rochman. 1990. Psikologi pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Permana, Fani Andrian. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Bengkulu Berkarir Di Entitas Syari’ah. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Putri, Igha Melysa. 2013. Pengaruh Magang Terhadap Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Di Bidang Akuntansi. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sairoh. 2016. Pengaruh PPL, IPK, Lingkungan Keluarga, dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Pendidikan Ekonomi. Skripsi Yogyakarta: UNY.
Setyawati, Ermin Tri. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Jurusan Keuangan Islam UIN Sunan Kalijaga Untuk Bekerja Di Perbankan Syari’ah. Skripsi. Yogjakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.
Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 2011. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.
Sjahdeini, Sutan Remy. 2007. Perbankan Islam cet ke-3. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rinieka cipta.
Sugiyono. 2013. Metode peelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press. Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Indeks.
Surya, Hendra. 2003. Kiat mengatasi kesulitan belajar. Jakarta: elex media komputindo kelompok gramedia.
Suryani, Hikmah. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Kota Medan Bekerja Di Bank Syari’ah. Skripsi. Medan: Universitas Sumatra Utara.
Suryana. (2003). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Tim Penyusun. 2017. Pedoman Akademik IAIN Salatiga 2017/ 2018. Salatiga: IAIN Salatiga.
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Praktikum Pengembangan Profesi Prodi Perbankan Syari’ah (S1) 2018. Salatiga: IAIN Salatiga.
Utami, Ika Rokhaningsih. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Jurusan Perbankan Syari’ah UIN Sunan Kalijaga Bekerja di Bank Syari’ah. Skripsi. Yogjakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Veithzal Rivai & Ella Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibowo, Edy, dkk. 2005. Mengapa Memilih Bank Syari’ah?. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wijayanti. 2001. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Berkarir di Lembaga Keuangan Syari’ah. Skripsi. Semarang: Universitas Dipnegoro.
Winkel. WS. 1993. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia Witherington. 1999. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rinieka Cipta.
Published
2021-06-30
How to Cite
Khaidir, W., & Rahmatullah , R. (2021). PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS DAN PENGHARGAAN FINANSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH KARIR DI LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH NON BANK(LKSNB) . Jurnal Ar-Ribhu, 4(1), 195 - 211. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Ar-Ribhu/article/view/296