Penguatan Spirit Ukhwah Wathaniyah Santri Melalui Sifat Uswatun Hasanah Pendidik

  • Musaddad Harahap Universitas Islam Riau
  • Ary Antony Putra Universitas Islam Riau
  • Lina Mayasari Siregar Institut Agama Islam Padang Lawas
  • Diana Irma Permatasari Universitas Islam Riau
Keywords: uswah hasanah, ukhwah wathaniyah, pondok pesantren, santri

Abstract

Abstract

The problem of this research is the perception that santri are often considered to lack a sense of ukwah wathaniyah. The purpose of the study was to determine how the influence of the uswatun hasanah nature of educators on ukhwah wathaniyah santri. The research method used is quantitative and the data collection instrument is a questionnaire. Data analysis using simple linear regression. The results showed that the significance value was 0.047, meaning that the significance value of the anova table was greater than 0.05 (0.047 <0.05). From this data, it can be concluded that the hypothesis is accepted, namely that there is an influence of the uswatun hasanah nature of educators on the spirit of ukhwah wathaniyah of students at Nurul Huda Al-Islami Islamic Boarding School in Pekanbaru City. Furthermore, because the value of the regression coefficient is negative (-), it can be concluded that the nature of uswatun hasanah educators negatively affects the spirit of ukhwah wathaniyah santri. So the regression equation is Y = 62.994 - 0.107 X. Thus it can be concluded that if the uswatun hasanah nature of educators decreases, it will negatively affect the spirit of ukhwah wathaniyah santri.

 

Keywords: uswah hasanah, ukhwah wathaniyah, boarding school, santri

 

 

 

 

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah adanya persepsi bahwa santri sering dianggap kurang memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air (ukwah wathaniyah). Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh sifat uswatun hasanah pendidik terhadap ukhwah wathaniyah santri. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dan instrumen pengumpulan datanya adalah angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.047, artinya nilai signifikansi tabel anova lebih besar dari pada 0.05 (0.047 < 0.05). Dari data ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat pengaruh sifat uswatun hasanah pendidik terhadap spirit ukhwah wathaniyah santri di Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami Kota Pekanbaru. Seterusnya, karena nilai koefisien regresi bernilai negatif (-), maka dapat disimpulkan bahwa sifat uswatun hasanah pendidik berpengaruh negatif terhadap spirit ukhwah wathaniyah santri. Jadi persamaan regresinya adalah Y = 62.994 - 0.107 X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa apabila sifat uswatun hasanah pendidik menurun maka akan berpengaruh negatif terhadap spirit ukhwah wathaniyah santri.


Kata kunci: uswah hasanah, ukhwah wathaniyah, pondok pesantren, santri

References

Ardipandanto, Aryojati. Dampak Politik Identitas Pada Pilpres 2019: Perspektif Populisme [The Impact of Identity Politics On President Election 2019: Populism Perspective]. Jurnal Politica Dinamika Masalah Politik Dalam Negeri Dan Hubungan Internasional. Vol. 11. Journal of Economic and Public Policy, 2020. https://doi.org/10.22212/JP.V11I1.1582.

Arsyad, Junaidi. “Educator Terms Based On Hadith Review.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 02 (October 10, 2022): 759–72. https://doi.org/10.30868/EI.V10I02.2619.

Baihaqi, Muhammad Rizal. Demokrasi Digital: Memahami Dampak Dan Tantangan. Indramayu: Adanu Abimata, 2020.

Hamdi, Asep Saiful, and E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Yokyakarta: Depublish, 2014.

In’ami, Moh, Mualimul Huda, and Masrukhin. Khazanah Pesantren Dan Pendidikan Kebangsaan. Yokyakarta: Zahir Publishing, 2023.

Izzan, Ahmad, and Saehudin. Tafsir Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran. Bandung, 2015.

Mafrukhin, Usman. Pendidikan Nasionalisme: Teori Dan Aplikasi. Semarang: Pilar Nusantara, 2020.

Mustakim, Mustakim. “Pergeseran Orientasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Ishlahiyyah Mayan Kranding Mojo Kediri).” Prosiding Nasional 2 (December 18, 2019): 131–50. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/20.

Mustofa, Ali, Stit Al-Urwatul, and Wutsqo Jombang. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 1 (2019): 23–42. https://doi.org/10.37348/CENDEKIA.V5I1.63.

Nurfalah, Yasin. “Hubungan Perkembangan Emosi Remaja Dengan Pendidikan Islam.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 28, no. 1 (December 16, 2017): 31–46. https://doi.org/10.33367/TRIBAKTI.V28I1.407.

Resya, Nurresa Fi Sabil, and Fery Diantoro. “Sistem Pendidikan Nasional Di Pondok Pesantren.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 19, no. 2 (2021): 209–30. https://doi.org/10.35905/ALISHLAH.V19I2.2134.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Syaehotin, Sayyidah, and Akhmad Yunan Atho’illah. “Ta’dzim Santri Kepada Kiai (Studi Makna Penghormatan Murit Kepada Guru Di Pesantren).” Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 18, no. 1 (April 6, 2020): 240–48. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/qodiri/article/view/3698.

Tohardi, Ahmad. Buku Ajar Pengantar Metodologi Penelitian Sosial + Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press, 2019.

Published
2024-07-01
How to Cite
Harahap, Musaddad, Ary Antony Putra, Lina Mayasari Siregar, and Diana Irma Permatasari. 2024. “Penguatan Spirit Ukhwah Wathaniyah Santri Melalui Sifat Uswatun Hasanah Pendidik”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 21 (01), 499-511. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v21i01.956.