Menyingkap Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Program Islam Wasathiyah
Abstract
Pada dasarnya kajian ini dilandasi oleh kegelisahan akademis terkait dengan diskursus program Islam washatiyah dan relevansinya dalam kurikulum pendidikan Islam. Untuk itu dipandang penting untuk mengurai bagaimana sebetulnya esensi dari kurikulum pendidikan Islam yang berbasis Islam wasathiyah tersebut. Bila ditelaah secara sederhana kurikulum itu sendiri disebut sebagai aktivitas pembelajaran yang didasarkan atas rencana-rencana matang dan tersusun secara progremik serta diimplementasikan dalam pengawasan satuan pendidikan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Posisi kurikulum sangat vital dalam pendidikan. Dalam Islam mesikpun kurikulum pendidikan telah disusun dengan baik, tapi kalau hanya mementingkan hal-hal yang bersifat kognitif, tentu tidak akan sampai kepada tujuan hakiki pendidikan Islam sendiri. Untuk itu penting ada penyelarasan kurikulum dengan upaya menginternalisasikan nilai-nilai di dalamnya, salah satu nilai tersebut adalah nilai-niliai moderasi beragama (Islam wasathiyah). Adapun Islam washatiyah merupakan sebuah karakter yang diperoleh seorang muslim sebagai buah dari komitmennya terhadap ajaran agama Islam itu sendiri. Mengimplementasikan nilai-nilai program Islam wasathiyah dalam kurikulum atau pembelajaran bukan hanya formalitas saja, tetapi harus sampai kepada perilaku aktual. Perilaku aktual yang berbais Islam wasathiyah inilah kemudian yang mampu menciptakan stabilitas kehidupan antar sesama, walaupun terdapat perbedaan, tetapi persamaan tetap menjadi dasar yang paling utama. Di antara perilaku Islam wasathiyah itu adalah tawassuth (mengambil jalan tengah), tawazun (berkeseimbangan), i'tidal (lurus dan tegas), tasamuh (toleransi), musawah (Egaliter), dan syura (musyawarah).
References
Abidin, Muhammad Zainal. “Dinamika Pemikiran Klasifikasi Ilmu Dalam Khazanah Intelektual Islam Klasik.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 20, no. 1 (2021): 2549–3752.
Afif, Mihmidaty Al Faizah Ya’coub dan Zahrotun Ni’mah. Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Al-Qur’an & Hadits. Surabaya: Global Aksara Press, 2021.
Al-Ashfahani, Raghib. Al-Mufradat Fi Gharib Al-Qur’an, Terj. Ahmad Zaini Dahlan, Jilid 3. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id, 2017.
Al-Syaibany, Omar Mohd. Al-Thoumy. Falsafah Pendidikan Islam. Pekanbaru: Bulan Bintang, 1979.
Amar, Abud. “Pendidikan Islam Wasathiyah Ke-Indonesia-An.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 2, no. 1 (2018): 18–37.
Ansyar, Muhammad. Kurikulum Hakikat, Fondasi, Desain Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2015.
Arifin, Zainal. Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Teori Dan Praktik. Yokyakarta: Prodi MPI UIN Suka, 2018.
Asari, Hasan. Nukilan Pemikiran Islam Klasik, Gagasan Pendidikan Abu Hamid Al-Ghazali. Medan: IAIN Press, 2012.
Ash-Shallabi, Ali Muhammad. Wasathiyah Dalam Al-Qur’an, Terj. Samson Rahman. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2007.
Asori, Ahmad. “Radikalisme Di Indonesia: Antara Historisitas Dan Antropisitas.” Kalam 9, no. 2 (2015): 253–268.
Aziz, Aceng Abdul. Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa, 2019.
Baderiah. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: IAIN Palopo, 2018.
et. al., Jentoro. “Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam Wasatiyah Siswa.” JOEAI: Journal of Education and Instruction 3, no. 1 (2020): 46–58.
Futaqi, Sauqi. “Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (2018): 521–530.
Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori Dan Praktek. Banjarimasin: IAIN Antasari Press, 2014.
Haryanto, Enik Yuliatin dan. Mengenal Olahraga Atletik (Cabang Lari Dan Lempar). Jakarta: Balai Pustaka, 2012.
Hidayat, Rahmat. “Epistemologi Pendidikan Islam: Sistem, Kurikulum, Pembaharuan Dan Upaya Membangun Epistemologi Pendidikan Islam.” Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 1 (2016): 49–69.
Humaidi. “Epistemologi Kurikulum Pendidikan Sains.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2013): 263–84.
Ikmal, Hepi. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktik. Lamongan: Pustaka Ilalang, 2018.
Khosii, Khamam. Kurikulum Pendidikkan Telaah Filosofis Dan Pengembangannya. Malang: Inteligensia Media, 2021.
Langgulung, Hasan. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Al-Husna Zikra, 2000.
Masykuri, Masykuri, Khadijatul Qodriyah, and Zakiyah Bz. “Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Wasathiyah: Penguatan Karakter Wasathiyah Santri Patriot Panji Pelopor.” Jurnal Islam Nusantara 4, no. 2 (2020): 246–257.
Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir Kamus Arab – Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Rasyidin, Al. Falsafah Pendidikan Islam, Membangung Kerangka Ontologi, Epistimologi Dan Akasiologi. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
RI, Tim Penyusun Kementerian Agama. Modul Moderasi Beragama Dalam Menjaga Keutuhan NKRI. Jakarta: Badang Litbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI, 2019.
Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta: Badang Litbang dan Diklat Kemenag RI, 2019.
Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran, Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2015.
Sarinah. Pengantar Kurikulum. Yokyakarta: Deepublish, 2018.
Shihab, Muhammad Quraish. Ensiklopedia Al-Qur’an Kajian Kosakata. Jakarta: Lantera Hati, 2007.
Sudin, Ali. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press, 2014.
Sugono, Dendy. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: , Kamus Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Yahya Eko Nopiyanto, Septian Raibowo, Arwin. Filsafat Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bengkulu: Zara Abadi, 2019.
Copyright (c) 2022 Lina Mayasari Siregar, Musaddad Harahap, Irwan Saleh Dalimunthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.