Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Kultur Religius Di Sekolah Dasar
Abstract
Globalisasi tidak hanya menjanjikan harapan-harapan yang indah, akan tetapi juga memunculkan kegelisahan-kegelisahan tersendiri. Di era era disrupsi seperti saat ini semua informasi sangat mudah diterima, sehingga tanpa adanya filterisasi serta pondasi karakter yang kuat maka pergeseran-pergeseran nilai seperti kurangnya rasa hormat pada orang tua, kurangnya kepedulian akan sesama mulai terjadi. Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan karakter anak melalui kegiatan kultur religius di Sekolah mulai dari konsep hingga implementasinya. Tulisan ini berdasarkan penelitian kualitatif dengan sumber data primer yaitu tokoh adat dan pemimpin kegiatan keagamaan. Data yang diperoleh melalui, metode wawancara kemudian diinterpretasi atau dianalisis. Hasil analisis menunjukan bahwa kegiatan-kegiatan kultur religius seperti Beqen, yasinan, menghafal do’a pendek, membaca berzanji hingga menghafal al-Qur’an memiliki peran penting dalam membentuk karakter sosial religius anak. Hal tersebut disebabkan karena adanya internalisasi nilai-nilai sosial religius seperti kepedulian, silaturahmi, solidaritas sosial dan sebagainya melalui pembudayaan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat sifat karakter yang senantia berubah serta kompleks maka perlu adanya penelitian lanjutan guna mengidentifikasi persoalan-persoalan yang belum teridentifikasi.
References
Agung, Iskandar. “Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk).” Perspektif Ilmu Pendidikan 31, No. 2 (31 Oktober 2017): 106–19. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.312.6.
Anshori, Isa. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah:” Halaqa: Islamic Education Journal 1, No. 2 (4 Desember 2017): 63–74. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V1i2.1243.
Arofad, Khobli, Nadjma Laynufaria Almas, Ahmad Mushofihin, Dan Veny Widiyanti Putri. “Penerapan Nilai-Nilai Keislaman Dan Keindonesiaan Di Sekolah Indonesia Den Haag (Sidh) Sebagai Pilar Pendidikan Karakter Islam.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 10, No. 3 (2020): 300–314. Https://Doi.Org/10.33367/Ji.V10i3.1466.
Atika, Nur Tri, Husni Wakhuyudin, Dan Khusnul Fajriyah. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air.” Mimbar Ilmu 24, No. 1 (2019): 105–13. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V24i1.17467.
Dalyono, Bambang, Dan Enny Dwi Lestariningsih. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora 3, No. 2, Oktober (11 Oktober 2016): 33–42. Https://Doi.Org/10.32497/Bangunrekaprima.V3i2.
Diri, Tim Pakar Yayasan Jati. Pendidikan Karakter Di Sekolah. Elex Media Komputindo, 2013.
Fautanu, Idzan. “Reaktualisasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Membangun Karakter Bangsa.” Al-Risalah 11, No. 02 (1 Desember 2018): 1–13. Https://Doi.Org/10.30631/Al-Risalah.V11i02.465.
Fauzi, Achmad, Zainuddin Zainuddin, Dan Rosyid Atok. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips 2, No. 2 (18 Januari 2018): 83–93.
Ilhami, Hablun. “Telaah Dampak Nilai-Nilai Sufisme Dan Sosiologis Dalam Tradisi Beqen Sebagai Konstruksi Sosial Masyarakat Desa Pene Kecamatan Jerowaru.” Tasâmuh 19, No. 2 (26 Desember 2021): 181–96. Https://Doi.Org/10.20414/Tasamuh.V19i2.4480.
Izzah, Lathifatul. “Penguatan Keislaman Dalam Pembentukan Karakter.” Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, No. 2 (5 Agustus 2016): 177–90. Https://Doi.Org/10.21927/Literasi.2015.6(2).177-190.
Komara, Endang. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.” Sipatahoenan 4, No. 1 (15 Mei 2018). Https://Doi.Org/10.2121/Sip.V4i1.991.
Lexi Moelong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.
Rachmadyanti, Putri. “Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal.” Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 3, No. 2 (13 September 2017): 201–14. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V3i2.2140.
Salehudin, Ahmad, Dan Moch Nur Ichwan. “Revitalisasi Identitas Diri Komunitas Masjid Saka Tunggal Banyumas, Masjid Raya Al Fatah Ambon, Dan Masjid Agung Jami’singaraja Bali Dalam Perubahan Budaya Global.” Jurnal Religio 7, No. 2 (2017).
Sri Narwanti. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentukan Karakter Dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia, 2014.
Suhendra, Ahmad, Dan Moh Mahrusillah. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Keislaman Di Kalangan Pelajar.” Jurnal Bimas Islam 12, No. 2 (27 Desember 2019): 297–322. Https://Doi.Org/10.37302/Jbi.V12i2.96.
Suryanti, Eny Wahyu, Dan Febi Dwi Widayanti. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius.” Conference On Innovation And Application Of Science And Technology (Ciastech) 1, No. 1 (3 Oktober 2018): 254–62.
Zafi, Ashif, Dan Partono Partono. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Keislaman, 2020. Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Sxfbd.
Zulaikhah, Siti. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, No. 1 (24 Mei 2019): 83–93. Https://Doi.Org/10.24042/Atjpi.V10i1.3558.
Copyright (c) 2023 Samsul Bahri, Hablun Ilhami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.