Pendekatan Al-Qur’an dalam Membina Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah

  • Samsul Bahri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pendekatan al-Qur’an, Akhlak, Kegiatan Keagamaan, MI NW Mengkuru

Abstract

Tujuan penelitian. Pertama, untuk mengungkapkan mengapa pendekatan al-Qur’an penting dalam membina akhlak siswa melalui kegiatan keagamaan. Kedua, untuk mengungkapkan bagaimana implementasian pendekatan al-Qur’an  dalam membina akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru. Ketiga, untuk mengungkapkan bagaimana hasil implementasi pendekatan Al-Qur’an dalam membina  akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan  Mengkuru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini, observasi, wawancara, dokumentasi. Tehnik menganalisis data dalam penelitian ini yakni analisis filosofis deskriptif, yaitu menguraikan serta memaparkan data dari hasil temuan-temuan yang peneliti peroleh memalaui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan uji kreadibilitas,uji transferability, uji dependability, uji konfirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan al-Qur’an  memiliki urgensi yang penting untuk diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru. Untuk membina akhlak siswa melalui kegiatan keagamaan yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Wathan Mengkuru.

References

Abidin, A. Mustika. “Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan Di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak.” AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak 12, no. 1 (2019): 570–82.

Ajahari. Ulumul Qur’an, (Ilmu-Ilmu Al-Qur'an) Penerbit: Aswaja Pressindo, 2018.

“Anna Magfirah Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membina Akhlakul Kharimah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Masino Desa Parambena Kec. Galesong Kabupaten Takalar Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makasar 2018

“Asmail Azmy, Akhlak Tasawuf - Sebuah Pengantar (Penerbut K-Media) 2021

Aziz, Abdul. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Kurikulum 2013 Di Mis Bumim Sibolga.” Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman 7, no. 1 (2020): 65–83.

Fikri, Ali. “Pengaruh Globalisasi Dan Era Disrupsi Terhadap Pendidikan Dan Nilai-Nilai Keislaman.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2019): 117–36.

“Fitriyanti Dengan Judul Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Smpn 2 Patikraja Kabupaten Banyumas. (Skripsi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwekarto 2020

Hanifatunnisa, Hanifatunnisa, Muhammad Aditya Firdaus, and Endi Suhendi. “Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, no. 1 (2022): 146–59.

Lubis, Rahmat Rifai, Nana Mahrani, Darwis Margolang, and Muhammad Shaleh Assingkily. “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode Dan Tujuannya Pada Masyarakat Di Kutacane Aceh Tenggara.” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 4, no. 2 (2020).

Mahrusillah, Moh. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dan Keislaman Di Kalangan Pelajar.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019): 297–322.

Maizuddin. “Maizuddin, Metodologi Pemahaman Hadis, Padang: Hayfa Press, 2008.” Media Share (blog), May 27, 2021. https://maizuddin.wordpress.com/2021/05/27/maizuddin-metodologi-pemahaman-hadis-padang-hayfa-press-2008/.

Muyasaroh Muyasaroh and Sutrisno Sutrisno, "Pengembangan Instrumen Evaluasi CIPP Pada Program Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an Di Pondok Pesantren," Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 18, no. 2(2014).

Prihatini, Septimar, Djemari Mardapi, and Sutrisno Sutrisno, "Pengembangan Model Penilaian Akhlak Peserta Didik Madrasah Aliyah," Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 17, no. 2 (2013).

Rafi’i, Muhammad. Islam Nusantara Perspektif Abdurrahman Wahid Pemikiran dan Epistemologinya. CV Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Salehudin, Ahmad, and Moch Nur Ichwan. “Revitalisasi Identitas Diri Komunitas Masjid Saka Tunggal Banyumas, Masjid Raya Al Fatah Ambon, Dan Masjid Agung Jami’Singaraja Bali Dalam Perubahan Budaya Global.” Jurnal Religio 7, no. 2 (2017).

“Siulmi Analisis Kegiatan Keagamaan Dalam Pembentukan AkhlakulKharimah Siswa Di Smpn 5 Kota Bengkulu (Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiah Dan Tadris Institut Islam Negeri Bengkulu 2019

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.

“Surawan, Akhlak Tasawuf Sebuah Pengantar Penerbit: K-Media 2021.

Sutrisno Pendidikan Islam Yang Menghidupkan (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman) Kota Kembang 2008.

Ulya, Ulya. “Berbagai Pendekatan Dalam Studi Al-Qur’an (Penggunaan Ilmu-Ilmu Sosial, Humaniora Dan Kebahasaan Dalam Penafsiran al-Qur’an).” Idea Press Yogyakarta, 2017.

———. “Berbagai Pendekatan Dalam Studi Al-Qur’an (Penggunaan Ilmu-Ilmu Sosial, Humaniora Dan Kebahasaan Dalam Penafsiran al-Qur’an).” Idea Press Yogyakarta, 2017.

Zulaikhah, Siti. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019): 83–93.

Published
2022-10-10
How to Cite
Bahri, Samsul. 2022. “Pendekatan Al-Qur’an Dalam Membina Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah”. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 19 (2), 201-12. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v19i2.536.