Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMP
Abstract
Penelitian ini membahas terkait strategi guru pendidikan agama islam untuk menanggulangi permasalahan kenakalan remaja pada siswa di SMP Negeri 6 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan remaja yang ada pada siswa di SMP Negeri 6 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar dan mengatahui faktor pendukung atau penghambat bagi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi permasalahan kenakalan siswa usia remaja yang ada di SMP Negeri 6 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Penelitian ini belokasi di SMP Negeri 6 Tapung, SMP tersebut terletak di Jl. Pelajar Desa Petapahan, Tapung, Kampar-Riau. Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tapung, peneliti tetapkan sebagai objek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga cara: Pertama: metode Observasi atau Pengamatan yang dilakukan untuk mengamati perilaku kenalakan remaja yang ada di SMP N 6 Tapung, Kedua: Metode Wawancara untuk dilakukan kepada Guru Pendidikan Agama Islam, Guru BK dan juga dengan Waka Kesiswaan untuk mengkonfirmasi strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah kenakalan remaja di SMP N 6 Tapung dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa atau kenalakan remaja di SMP N 6 Tapung menggunakan strategi strategi preventif (pencegahan), strategi kuratif (penyembuhan) dan pembelajaran langsung tetapi tidak semua perilaku menyimpang siswa dapat tertangani.
References
Al-Quran al Hakim dan Terjemahnya. 2011. Bandung, PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Kartono, Kartini. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Lexy J. M. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Marzuki. Metodologi Riset. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, 2018.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah Dan perguruan tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Nasar, M. Fuad. Agama di Mata Remaja. Sumatra Bara: Angkasa Raya, 2009.
Nashir, Muhammad. Metode Penenlitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Nasional, 2007.
Noer Aly, Herry. Ilmu Pendidikan Isla. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005.
Noer Aly, Henry dan H.M Suparta. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco, 2002.
Panuju, Panut dan Umami, Ida. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2016.
Soesilowindradini. Psikologi Perkembangan Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 2003.
Sudarsono. Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaudih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.
Surakhmat, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dan Metode Teknik. Bandung: Tarsito, 2010.
Syafaat, Aat dkk. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam mencegah kenakalan remaja (juvenile delinquency). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja, 2005.
Wijaya, Cece dan Rusyan, Tabrani. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Zulkifli. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Copyright (c) 2022 Yundri Akhyar, Eka Marliana Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.