Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius anak di madrasah ibtidaiyah (MI) Al-Kifayah pekanbaru. Ditemukan beberapa gejala di lapangan bahwa masih terdapat beberapa anak yang belum melaksanakan kegiatan secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis, untuk selanjutnya diambil kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi metode pembiasaan dalam membentuk karakter religius anak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Kifayah pekanbaru dinilai sangat tepat, karena dalam implementasi metode pembiasaan anak dibiasakan untuk berpikir dan bersikap sesuai dengan ajaran agama Islam serta mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Implementasi metode pembiasaan sangat tepat diterapkan pada anak usia sekolah dasar, karena pada usia ini siswa tumbuh dan berkembang menjadi mumayyiz (bisa membedakan), mulai bisa menalar, memahami, dan mengetahui, sementara fitrahnya masih tetap suci dan beban pikirannya belum seberat beban pikiran yang menggelayuti kaum remaja dan orang dewasa.
References
Abu Ahmadi, (1997), Strategi Belajar Mengajar Bandung, CV. Pustaka Setia
Armai Arif, (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Pres
Budiningsih, (2008). Pembelajaran Moral, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Depdiknas,(2011). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Dimyati dan Mudjiono, (1999). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rinneka Cipta
Fadhillah, (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta, Ar-Ruzz Media
Hadi Sutrisno, (2001). Metodologi Reaserch I. YogyakartA, Andi Offet
Imam Abi Al-Husaini Muslim bin Al-Hajjaji Al-Qusyairy An-Naisabury, Shahih Muslim, Juz IV, Beirut Libanon, Dar-Ahya‟ Al-Turatsi Al-„Arabi
Nashih, Abdullah, Ulwan, (2007). Tarbiyatul Aulad fil Islam, Jilid I, diterjemahkan oleh Jamaluddin Miri, Jakarta, Pustaka Amani
Rahmat, Jalaluddin (200). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya
Rino Anggoro, (2008) Pembiasaan Perilaku Keagamaan Pada Anak Di SDIT Al-mutiin Maguwo Banguntapan Bantul, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga YogyakartaNurdin Usman, (2002) Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Jakarta, Grasindo
Setiawan Guntur, (2004). Impelemtasi dalam Birokrasi Pembangunan, Jakarta, Balai Pustaka
Winarno Budi, (2007). Kebijakan Publik Teori dan Proses (Edisi Revisi), Yogyakarta, Media Pressindo
Zuhairini, (2008) Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara
Copyright (c) 2021 Yundri Akhyar, Eli Sutrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.