Hubungan Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor kecakapan dan ketangkasan belajar yang berbeda secara individual. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah kebiasaan belajar siswa. Kebiasaan belajar yang dimaksud di dalam jurnal ini kebiasaan belajar efektif yaitu belajar dengan teratur, disiplin dan bersemangat, penuh konsentrasi, pengaturan waktu yang baik, serta istirahat dan tidur yang cukup. Melihat hubungan antara kebiasaan belajar efektif dengan prestasi belajar merupakan suatu hal yang perlu diteliti lebih mendalam.
References
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar an Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan. 2007. Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. 1985. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: PKS.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Painun,dkk. 1992. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka.
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto. 2010. Belajar dan Faaktor-faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2018 Yenni Anis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.