PENGGUNAAN METODE CERITA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK

  • Mulia Rahmi STAI DINIYAH PEKANBARU
Keywords: Metode cerita, nilai-nilai akhlak

Abstract

Dalam Proses kegiatan belajar mengajar tentunya seorang guru menggunakana berbagai metode dalam melaksanakan tugasnya. Metode yang digunakan  harus sesuai dengan tahap perkembangan anak, baik dari bahasa, media dan langkah-langkah pelaksanaannya, agar lebih efektif, komunikatif, dan menyenangkan bagi anak. Salah satu metode yang dirasa cocok dalam penamanan nilai akhlak anak adalah metode cerita. Dewasa ini kita lihat akhlak anak-anak semakin riskan. Banyak ditemukan anak-anak yang kurang berakhlak yang perlu perhatian khusus. Salah satu bagian terpenting yang perlu perhatian terkait pendidikan anak AUD adalah penanaman nilai akhlak. Diusia anak golden age seorang guru harus bisa memberikan pembelajaran yang memang menunjang perkembangan anak kedepanya. Penanaman nilai akhlak yang dilakukan sejak usia dini, diharapkan pada tahap perkembangan selanjutnya anak akan mampu membedakan baik buruk, benar salah, sehingga ia dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode bercerita dalam penanaman nilai akhlak yang diterapkan banyak membawa pengaruh positif terhadap perkembangan moral anak

Published
2019-12-23
How to Cite
Mulia Rahmi. (2019). PENGGUNAAN METODE CERITA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK ANAK. Al-Abyadh, 2(2), 45-52. Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/63