KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Masa pandemi Covid 19 masih belum berakhir, dan proses pembelajaran tentu tidak boleh dihentikan. Seiring dengan semakin berkembangnyaCcovid 19, penggunaan pembelajaran online dirasa mampu mewujudkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Pembelajaran onlie bisa dikatakan system baru yang mendorong terlaksananya pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran online ini proses pembelajaran akan berjalan efektif dan meski tidak semaksimal pebelajaran tatap muka namun ini merupakah salah satu strategi dalam mencapai tujuan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran online ini guru dan siswa serta orangtua bisa berkomunikasi agar bisa memaksimalkan proses pembelajaran di rumah dan anak-anakpun merasakan suasana belajar bersama teman temannya. Beragam pembelajaran online yang bisa digunakan adalah google meet, zoom, video call via Whatapp, Edmodo dll
References
Efendi. Hartono, Zhuang. 2005. ELearning: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Winarno dan Setiawan, J., 2013, Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling), ISSN 2085-4579 ULTIMA InfoSys, Vol. IV, No. 1, Juni 2013
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Johnson, K. dan Manning, S. 2010. Online education for dummies. Canada: John Wiley & Sons Publishing. ISBN 0470536209.
Palloff, R. M. dan Pratt, K. 2002. Lessons from the cyberspace classroom: The realities of online teaching. California: John Wiley & Sons Publishing. ISBN 0787959960.
Tilaar, H. dan Nugroho, R. 2009. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madjid, A. 2028. Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudera Biru.