IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PROSES SAINS PADA ANAK USIA DINI DI TK FLAMBOYAN KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Salah satu aspek perkembangan yang harus distimulasi guru pada anak usia dini adalah aspek kognitif. Adapun upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapakan metode eksperimen. Melalui metode tersebut diyakini dapat membantu mengembangkan aspek kognitif anak melalaui proses sains yakni percobaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah “penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak” khusunya anak usia dini kelompok B1 di TK Flamboyan Desa Pagaruyung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Selanjutnya data akan dianalisi dengan mengunakan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitiaan menunjukkan adanya peningkatan kemampua kognitif anak. Pada tahap pra tindakan sebagian besar anak masuk dalam kriteria kurang baik, pada Siklus I kemampuan kognitif proses sains anak meningkat pada kriteria baik dan sangat baik. Selain itu pada siklus II juga terjadi peningkatan yang signifikan yakni sebanyak 86.3 % untuk kategori sangat baik dan 13,6% kemampuan kognitif sains anak meningkat pada kategori baik. Terjadinya peningkatan tersebut juga diperkuat dengan hasil penilaian harian observasi oleh guru. diperoleh peningkatan 90,9 % kemampuan kognitif sains anak untuk kategori sangat baik dan 9,09% untuk kategori baik. Tidak lagi ditemukan anak yang kemapuan kognitif sainsnya pada kategori cukup bahkan kurang baik yakni sebesar 0%.