PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PEER VICTIMIZATION PADA SISWA DI SMPN “X” YOGYAKARTA

  • Rufaidah STAI Diniyah Pekanbaru
  • Wahyuningsih Program Studi Psikologi Profesi (S2) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Rahcmawati Program Studi Psikologi Profesi (S2) Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Keywords: Peer Victimization, Pelatihan Keterampilan Sosial

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pelatihan keterampilan sosial dalam menurunkan peer victimization pada siswa di SMPN “X” Yogyakarta. Adapun hipotesa dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian pelatihan keterampilan sosial untuk menurunkan tingkat peer victimization di SMPN “X” Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa (11-14 tahun) yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu tujuh siswa kelompok eksperimen dan delapan siswa kelompok kontrol. Pengukuran penelitian ini menggunakan skala peer victimization yang merupakan modifikasi dari Multidimensional Peer Victimization Scale–Revised (MPVSR) yang dibuat oleh Bets, Houston, dan Steer, (2015). Uji hipotesis menggunakan analisis Mann-Whitney dan Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat peer victimization pada siswa sebelum dan sesudah diberi pelatihan pada kelompok eksperimen (p < 0.05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat menurunkan tingkat peer victimization pada siswa.

References

Bets, L.R., Houston, J.E., & Steer, O.L. (2015). Development of the multidimensional peer victimization scale–revised (MPVS-R) and the multidimensional peer bullying scale (MPVS-RB). The Journal Of Genetic Psychology, 176 (2), 93–109. DOI: 10.1080/00221325.2015.1007915.

Fox, C.L., & Boulton, M.J. (2003). Evaluating the effectiveness of a social skills training (SST) programme for victims of bullying. Educational Research, 45 (3), 231-247. DOI: 10.1080/0013188032000137238.

Frank, M.J. (2014). Youth character strengths, peer victimization, and well-being: Understanding associations between positive traits, social experiences, and positive psychological outcomes. Dissertation. University of South Florida.

Hawker, D.S.J., & Boulton,M.J. (2000). Twenty years’ research on peer victimization and psychological maladjustment : A meta-analytic review of cross-sectional studies. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 41 (4). 441-455.

Juvonen, J., Nishina, A., & Graham, S., (2000). Peer harassment, psychological well-being, and school adjustment in early adolescence. Journal of Educational Psychology, 92, 349-359.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human development. Perkembangan manusia. Jakarta : Salemba

Santrock, J.W. Child development, eleventh edition, Perkembangan anak, edisi ketujuh, jilid dua. Mila Rachmawati (terj) & Anna Kuswanti (terj). (2007). Jakarta : Erlangga

Silva, J.L., Oliveira, W.A., Braga, I,F., Farias, M.S., Lizzi, E.A.S., Goncalves, M. F.C., Pereira, B.O. & Silva, M.A.I. (2016). The effects of a skill-based intervention for victims of bullying in Brazil. International Journal of Environmental Research and public Healt, 13 (1-10), 1042. doi:10.3390/ijerph13111042.

Sindonews. (2017). Indonesia tempati posisi tertinggi perundungan di ASEAN. Diunduh tanggal 02 Mei 2018 dari https://nasional.sindonews.com/read/1223442/15/indonesia-tempati-posisi-tertinggi-perundungan-di-asean-1500880739.

Tran, C. V., (2013). Relations between peer victimization, self-cognitions and depression in the united states and vietnam. Dissertation. Vanderbilt University.

Utami, M. S.C. (1992). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
Published
2020-06-08
How to Cite
Rufaidah, H., Wahyuningsih, H., & Rahcmawati, M. A. (2020). PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL UNTUK MENURUNKAN TINGKAT PEER VICTIMIZATION PADA SISWA DI SMPN “X” YOGYAKARTA. Nathiqiyyah, 3(1), 44-50. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.96