PENGARUH PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ TERHADAP KECEMASAN AKADEMIS PADA MAHASISWA MAGISTER PROFESI UNIVERSITAS X

PENGARUH PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ TERHADAP KECEMASAN AKADEMIS PADA MAHASISWA MAGISTER PROFESI UNIVERSITAS X

  • Hanny Rufaidah STAI Diniyah Pekanbaru
  • Imaniar Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
  • Fitriana Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Keywords: shalat khusyuk, kecemasan, praying fervently, anxiety

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan shalat khusyu’ terhadap kecemasan akademis pada mahasiswa magister profesi universitas x. Hipotesis yang diajukan adalah, adanya pengaruh pelatihan shalat khusyu’ terhadap kecemasan dan adanya perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang, yang terdiri dari 5 orang kelompok kontrol dan 5 orang kelompok eksperimen. Data di analisis dengan menggunakan paired sampel t-test. Berdasarkan analisis uji t-test diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel 3,194 artinya bahwa pelatihan shalat khusyu’ mampu menurunkan tingkat kecemasan akademis.

References

Al – Haddad S. M., 2007. Khusyu bukan mimpi.Aqwam : Solo
Al-Qahthani, S.A.W (2008). Panduan shalat lengkap : Shalat yang benar menurut al-Qur’an dan sunnah. Almahira : Jakarta
At-Tuwim, F. (2007). Maktab dakwah dan bimbingan jaliyat rabwah : Khusyu’ dan tuma’ninah dalam shalat. Islam House.com
Azwar, S. 2013. Metode Penelitian. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Haryanto S., 2001. Psikologi Shalat : kajian aspek – aspek psikologis ibadah shalat. Pustaka Pelajar : 2001.
Holmes, D. 1991. Abnormal Psychology. New York: Harper Collins
Maisaroh, E.N., & Falah, F. (2011). Religiusitas dan kecemasan menghadapi ujian nasional (UN) pada siswa madrasah aliyah. Jurnal Proyeksi. 6 (2) 2011, 78-88
Musbikin, I. (2008). Rahasia shalat khusyu’: Menciptakan prestasi gemilang dunia kerja. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Sholikhin, M. (2011). The miracle of shalat : Mengungkap kedahsyatan energi shalat. Erlangga : Jakarta
Viliante, G dan Pajares, F. 1999. The Inviting/Disinviting Index: Instrument of Validation and Relation to Motivation and Achievement. Journal of Invitational Theory and Practice, 6 (1), 28-47
Published
2021-06-30
How to Cite
Rufaidah, H., Imaniar, N., & Fitriana, R. (2021). PENGARUH PELATIHAN SHALAT KHUSYU’ TERHADAP KECEMASAN AKADEMIS PADA MAHASISWA MAGISTER PROFESI UNIVERSITAS X. Nathiqiyyah, 4(1), 51-59. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i1.246