Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Qur’an terhadap Penurunan Temper-tantrum pada Anak Autis

Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Qur’an terhadap Penurunan Temper-tantrum pada Anak Autis

  • Rah Ajeng Sekaringtyas Sidhi Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Tri Rejeki Andayani Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
  • Rini Setyowati Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret
Keywords: Kata Kunci : Murottal Al-Qur’an, Temper-tantrum

Abstract

Abstract

Temper-tantrum is one of the problems in the behavioral aspects of autistic children characterized by emotional outbursts that are difficult to control. One of the methods used to control is to listen to the murottals of the Qur'an because the resulting tone is able to stabilize the state of the body and mind so that one of them makes it more relaxed. This study aims to determine the effect of listening to the murottals of the Qur'an on the decrease in temper-tantrums in autistic children. The design of this experimental research uses one group pretest-posttes design. The subjects of this study were autistic students of SLB Anugrah who were selected using the purposive sampling method as many as 7 students. All subjects were an experimental group that received interventions in the form of listening to the murottals of the Qur'an for six consecutive days with intensity twice a day and the duration of each session for 14 minutes 2 seconds. Data collection was carried out using a temper-tantrum behavior questionnaire. The measurement results were analyzed using the wilcoxon signed rank test statistical test. Temper tantrum measurements resulted in an average pretest score of 41.86 and a posttest score of 38.14, indicating that the average posttest was lower than the pretest. The results of data analysis with wilcoxon signed rank test showed a significance value of 0.018 (p<0.05). There is a decrease in temper tantrums in autistic children after listening to the murottals of the Qur'an.

Keywords: Murottal Al-Qur'an, Temper-tantrum

Abstrak

Temper-tantrum merupakan salah satu permasalahan pada aspek perilaku anak autis yang ditandai dengan ledakan emosi yang sulit dikendalikan. Salah satu metode yang digunakan untuk mengendalikan ialah mendengarkan murottal Al-Qur’an karena dari nada yang dihasilkan mampu menstabilkan keadaan tubuh dan pikiran sehingga salah satunya membuat lebih rileks. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan murottal Al- qur’an terhadap penurunan temper-tantrum pada anak autis. Desain penelitian eksperimen ini menggunakan one group pretest-posttes design. Subjek penelitian ini adalah siswa autis SLB Anugrah yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling  sebanyak 7 siswa. Seluruh subjek merupakan kelompok eksperimen yang mendapatkan intervensi berupa mendengarkan murottal Al- Qur’an selama enam hari berturut-turut dengan intensitas dua kali dalam sehari dan durasi tiap sesi selama 14 menit 2 detik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner perilaku temper-tantrum. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji statistik wilcoxon signed rank test. Pengukuran temper tantrum  menghasilkan rata-rata skor pretest 41,86 dan skor posttest 38,14 hal ini menunjukan adanya rata-rata posttest lebih rendah dari pretest. Hasil analisis data dengan wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai signifikansi 0.018 (p<0.05). Ada penurunan temper tantrum pada anak autis setelah mendengarkan murottal Al-Qur’an.

Kata Kunci : Murottal Al-Qur’an, Temper-tantrum

References

DAFTAR PUSTAKA
A.Abdurrochman, R. W. (2007). The comparison of classical musik, relaxation musik ant the quranic recital; an AEP study. Proceeding of the 2007 regional symposium onbiophysics and medical physic, Bogor Agricultural University (IPB).
Al-Kaheel. (2012). Lantunan Qur'an untuk Penyembuhan. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Hasan, M. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Hildayani Rini dkk.(2008). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Kirana, & Sekar, R. (2013). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Temper Tantrum pada anak PraSekolah UNNES SEMARANG. Semarang.
Lipsky, D. (2011). From Anxiety to Meltdown: How individuals on the autis spectrum eal with anxiety, experience meltdown, manifest tantrum, and how you can interviene effectively. London: Jessica Kingsley Publishers.
Mayrani, E., & Hartati, E. (2013). Intervensi Terapi Audio dengan Murottal Surah Ar-Rahman terhadap Perilaku Anak Autis. Jurnal Keperawatan Soedirman, 69-76.
Potegal, M., & Davidson, R. (2003). Temper tantrums in young children: Behavioral composition. Journal of Developmental and Behavioral Pediatric , 140.148.
Pratiwi, L., Hasneli, Y., & Ernawati, J. (2015). Pengaruh Teknik Relaksasi Benson dan Murottal Al-Qur'an terhadap Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi Primer. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, JOM Vol 2 No 2, Oktober 2015.
Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustakan Pelajar.
R.C Rifa'i, A., & Anni, C. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES.
Raharjo, D. S. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Menggunting terhadap Peningkatan Motorik Halus pada Anak Autisme usia 11-15 Tahun di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Jurnal Ilmu keperawatan dan Kebidanan, 1-9.
Silahturrohim, S. (2016). Pengaruh Durasu Paparan Murottal SUrat Al-Fatihah terhadap Poliferasi Sel Saraf Otak Tikus (Ratus norvegicus)secara In Vitro. Skripsi Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Tandry, N. (2010). Bad Behaviour, Tantrums, and Tempers. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Published
2020-12-15
How to Cite
Sidhi, R. A. S., Andayani, T. R., & Setyowati, R. S. (2020). Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Qur’an terhadap Penurunan Temper-tantrum pada Anak Autis. Nathiqiyyah, 3(2). Retrieved from https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Nathiqiyyah/article/view/544