PENGARUH PACARAN TERHADAP KONSENTRASI MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN ILMU PSIKOLOGI

  • Ray Yusra Wijaya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Abdullah Rafif Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Muhammad Zidan Zulfikar PENS
  • Imamul Arifin Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Keywords: pacaran, mahasiswa, pengaruh, konsentrasi.

Abstract

Abstrak

Fenomena pacaran adalah hal yang wajar bagi mahasiswa, di mana ada dua lawan jenis menghabiskan waktu bersama. Dalam prefektif psikologi pacaran sendiri dapat menimbulkan konsentrasi yang baik dan juga dapat menimbulkan konsentrasi yang buruk, bukan hanya konsentrasi yang akan terpengaruh, Kesehatan fisik, gangguan mental, dll juga akan terpengaruh. Tergantung hubungan pasangan yang di jalani. Namun pacaran ini termasuk hal yang diharamkan dalam Islam. Pada jurnal ini hal yang akan dibahas yaitu mengenai pengaruh pacaran terhadap konsentrasi mahasiswa di PENS. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini yaitu berupa metode kualitatif. Data didapatkan dengan menanyakan pendapat kepada partisipan tentang pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar mereka. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pacaran memang memiliki pengaruh terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Mengganggu konsentrasi belajar, menurunkan prestasi kuliah, dapat memengaruhi hubungan seseorang baik dengan teman maupun keluarga, juga menyebabkan lupa hal-hal karena memikirkan pacar. Berbagai metode ada di dalam islam maupun di luar untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Bisa dengan melakukan olahraga dan meditasi secara rutin, berdoa ketika ingin belajar, dan juga berwudhu sebelum melakukan sebuah kegiatan.

 

Abstract

The phenomenon of dating is a natural thing for students, where there are two opposite sexes spending time together. In prefective psychology, dating itself can cause good concentration and can also cause poor concentration, not only concentration will be affected, physical health, mental disorders, etc. will also be affected. It depends on the couple's relationship. However, this courtship is forbidden in Islam. In this journal, what will be discussed is the influence of courtship on the concentration of students in EEPIS. The research method used in this journal is a qualitative method. The data was obtained by asking participants' opinions about the effect of courtship on their learning achievement. The results of the research that have been carried out show that dating does have an influence on the concentration of student learning. Disrupts learning concentration, lowers college achievement, can affect one's relationships with friends and family, also causes forgetting things because of thinking about a boyfriend. Various methods exist within Islam as well as outside to increase the concentration of learning. You can do sports and meditation regularly, pray when you want to study, and also perform ablution before doing an activity.

References

Al-Ghifari, A (2004). Gelombang kejahatan seks remaja modern. Bandung: Mujahid
KBBI Daring. (2016). Retrieved October 26, 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pacar.
Moran, A. (2012). Concentration: Attention and Performance. In S. M. Murphy (Ed.), The Oxford Handbook of Sport and Performance Psychology (p. 117). essay, Oxford University Press.
Nastiti, T. (2012). (dissertation). Layanan Konseling Kelompok Behavioral untuk Mengubah Perilaku Pacaran Siswa Kelas IX SMP N 2 Suruh. Retrieved December 4, 2012, from https://repository.uksw.edu/handle/123456789/1692
Tridarmanto, Y. K. (2017). KONSEP DAN KEBUTUHAN BERPACARAN REMAJA AWAL DI YOGYAKARTA. Skripsi. Sanata Dharma University
Santrock, J. W. (2011). Life-span development (13th ed., p. 394). New York: McGraw-Hill
Sorenson, S. (2007). Adolescence Romantic Relationships. Retrieved October 23, 2021, from http://www.actforyouth.net/resources/rf/rf_romantic_0707.cfm
Ratey, J., & Hagerman, E. (2013). Spark: The revolutionary new science of exercise and the brain. Little, Brown.
MacLean, K. A., Ferrer, E., Aichele, S. R., Bridwell, D. A., Zanesco, A. P., Jacobs, T. L., King, B. G., Rosenberg, E. L., Sahdra, B. K., Shaver, P. R., Wallace, B. A., Mangun, G. R., & Saron, C. D. (2010). Intensive Meditation Training Improves Perceptual Discrimination and Sustained Attention. Psychological Science, 21(6), 829–839. https://doi.org/10.1177/0956797610371339
Hidayati, E., & Zarkasyi, F. A. (2021). PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(2), 108-114. https://doi.org/10.31596/jcu.v10i2.756
Dwi Lestari, N., & Rofiqul Minan, M. (2018). Efektivitas Terapi wudhu Menjelang Tidur TERHADAP Kualitas Tidur Remaja. Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 18(2). https://doi.org/10.18196/mm.180215
Alhola, P., & Polo-Kantola, P. (2007). Sleep deprivation: Impact on cognitive performance. Neuropsychiatric disease and treatment, 3(5), 553-567.
BUCIN ITU BUKAN CINTA. widya cakra : Journal of Psychology and Humanities.
Published
2021-12-31
How to Cite
Yusra Wijaya, R., Rafif, A., zidan zulfikar, M., & Arifin, I. (2021). PENGARUH PACARAN TERHADAP KONSENTRASI MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN ILMU PSIKOLOGI . Nathiqiyyah, 4(2), 97-103. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i2.365