HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERILAKU PHUBBING PADA MAHASISWA

  • Widia Septia Anami Universitas Muhammadiyah Riau
  • Ajeng Safitri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dwita Razkia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Eva Yuliza STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Gawai, Perilaku Phubbing.

Abstract

“HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERILAKU PHUBBING PADA MAHASISWA

References

DAFTAR PUSTAKA
Afifiyah, S. (2018). Fenomena Phubbing Resahkan Masyarakat Dunia, Dampak Bodoh Telepon Pintar (Online). Tersedia: Https://Www.Tagar.Id/Fenomena-Phubbing-Resahkan-Masyarakat-Dunia-Dampak-Bodoh-Telepon-Pintar. Diakses Pada Tanggal 19 April 2021.
Amelia, T., Despitasari, M., Sari, K., Sisca, D., & Putri, K. (2019). Phubbing , Penyebab Dan Dampaknya Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Indonesia Phubbing , Causes and Impacts on Faculty of Public Health students , University of Indonesia. Ekologi Kesehatan, 18, 122–134.
Aqlima, D. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Interaksi Sosial pada Anak (Studi: Anak Usia 10-13 Tahun di Desa Tuntang, Kab. Semarang) SKRIPSI. Skripsi, 1–96.
Arok, A. R. (2020). Phubbing...??? (Online). Tersedia: Http://Kemenagpolman.Id/Berita/Detail/Phubbing. Diakses Pada 19 April 2021.
Azwar, S. (2012).Penyusunan skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Boham, A., & Rondonuwu, S. A. (2017).Penggunaan gawai Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal Acta Diurna, VI(2), 1–15.
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018).The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6), 304–316. https://doi.org/10.1111/jasp.12506
David, M. E., & Roberts, J. A. (2017). Phubbed and Alone: Phone Snubbing, Social Exclusion, and Attachment to Social Media. Journal of the Association for Consumer Research. https://doi.org/10.1086/690940
DeVito, Joseph. A. (2015).Human Communication.The Basic Course.Thirteenth Edition. USA: Pearson Education.
Fadilah, R.(2015).Perilaku Konsumtif Mahasiswa UGM dalam Penggunaan Gadget.Yogyakarta: UGM
Hanika, I. M. (2015).Fenomena Phubbing di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang Pada Smartphone Terhadap Lingkungannya). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 42-51.
Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan gawai Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3710
High, A (2012). Stop Phubbing. Tersedia pada : http// stopphubbing.com (diakses pada : 23 Juli 2019)
Https://bincangsyariah.com/kalam/phubbing-dalam-perspektif-islam/
Https://www.umri.ac.id/profile/tentang/id
Karadag, E., Tosuntas, S. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Sahin, B. M., et al. (2015). Determinants of phubbing which is the sum of many virtual addictions: Astructural equational model. Journal of Behaviour Addiction , 4 (2), 60-74.
Munatirah, H.,& Nur Anisah, M. Si (2018).Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Phubbing(Studi Penelitian Pada Masyarakat Kota Banda Aceh Yang Mengunjungi Warung Kupi Di Kecamatan Lueng Bata). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(1), 1-14
Noormiyanto, F. (2018). Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadget Dan Tingkat Kontrol Orangtua Anak Terhadap Interaksi Sosial Anak Sd Kelas Tinggi Di Sd 1 Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah. Universitas PGRI Yogyakarta Vol: 5 No: 1 Hal: 138-149. Januari 2018.
Salehah, M. (2019).Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial-Kompasiana.com Tersedia:https://www.kompasiana.com/muthiasalehah7385/5db183470d823044040f1792/ dampak-penggunaan-gadget-terhadap-interaksi-sosial. Diakses Pada Tanggal : 25 April 2021
Siti, A. (2019). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa, (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah & Komunikasi Uin Ar-Raniry) SKRIPSI. Skripsi, 1-82
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syifa, A. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan Perilaku PhubbingMahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6309
Varoth Chotpitayasunondh, Karen M. Douglas. (2017). The effects of “phubbing” on social interaction. Wiley: Journal Applied for Social PsychologyVol 1 No 33.
Wati, N. R., & Sodik, M. A. (2018, October 18). dampak kecanduan gadget di kalangan anak sekolah. https://doi.org/10.31227/osf.io/ex5ch.
Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku PhubbingSebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143. https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099
Yuwono, D. (2020). Tekhnik Analisis Korelasi : Contoh Dan Jenis-Jenisnya (Online). Tersedia : Https://Www.Statmat.Net/Analisis-Korelasi/#Comments
Published
2021-12-31
How to Cite
Septia Anami, W., Safitri, A., Razkia, D., & Yuliza, E. (2021). HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERILAKU PHUBBING PADA MAHASISWA. Nathiqiyyah, 4(2), 85-96. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i2.356