Dukungan Sosial Terhadap Upaya Penerimaan Diri Anak Tunawicara

  • Lutfi Nur Afifah UIN Walisongo Semarang
  • Andriana Inviolita UIN Walisongo Semarang
  • Elfia Rahma UIN Walisongo Semarang
  • Irma Masfia UIN Walisongo Semarang
  • Zulfa Fahmy UIN Walisongo Semarang
Keywords: Dukungan Sosial, Penerimaan Diri, Tunawicara

Abstract

Tunawicara merupakan gangguan bicara yang menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik. Anak tuna wicara mungkin mengalami kesulitan dalam menerima dirinya karena merasa berbeda dari teman sebaya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah pengaruh sosial mempengaruhi pendapatan diri pada anak tuna wicara serta faktor apa saja yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai penguat data. Hasil yang diperoleh subjek memperoleh dukungan sosial dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun para terapis yang membantu proses penerimaan diri pada subjek. Dalam hal ini dukungan sosial memiliki peranan penting terhadap upaya peningkatan penerimaan diri anak tuna wicara, sehingga anak mampu beradaptasi dengan kondisi dirinya.

Author Biographies

Andriana Inviolita, UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo Semarang

Elfia Rahma, UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa Psikologi UIN Walisongo Semarang

Irma Masfia, UIN Walisongo Semarang

Dosen mata kuliah perkembangan anak dan remaja berkebutuhan khusus di UIN Walisongo Semarang

Zulfa Fahmy, UIN Walisongo Semarang

Dosen pada mata kuliah penulisan artikel ilmiah untuk jurnal bereputasi di UIN Walisongo

References

Abdel-Khalek, A. M. (2016). Introduction to the psychology of self-esteem. Self-Esteem: Perspectives, Influences, and Improvement Strategies, 1–23.
Afifiani, Y. Y., Husna, D., Saputra, R. N. H., Puspitasari, D. R., & Khasanah, F. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara. ANWARUL, 3(1), 143–151. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.873
Akhmad, F., Ediansyah, P., Fitriah, J., Farameida, E., & Purwanto, J. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan atau Pendidikan Islam Bagi ABK Tuna Wicara. MASALIQ, 1(3), 156–163. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.59
Bernard, M. E. (2014). The strength of self-acceptance: Theory, practice and research. Springer.
Bilgin, O., & Taş, İ. (2018). Effects of Perceived Social Support and Psychological Resilience on Social Media Addiction among University Students. Universal Journal of Educational Research, 6(4), 751–758. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060418
Biro Humas Kementrian sosial. (2020). Kemensos Dorong Aksesibilitas Informasi Ramah Penyandang Disabilitas. Kementrian Sosial Republik Indonesia. https://kemensos.go.id/kemensos-dorong-aksesibilitas-informasi-ramah-penyandang-disabilitas
Chaplin, J. P. (1995). Kamus lengkap psikologi (ed. 1 cet.2). Raja Grafindo Persada.
Dewi, I. A. S., & Herdiyanto, Y. K. (2018). Dinamika Penerimaan Diri pada Remaja Broken Home di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 211–220. https://ocs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/40414
Fitri, A., Saam, Z., & Hamidy, Y. (2016). Pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap perilaku anak autis di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Lingkungan, 10(1), 47–57.
Gottlieb, B. H. (1983). Social support strategies: Guidelines for mental health practice. (No Title).
Huang, Y., Wu, R., Wu, J., Yang, Q., Zheng, S., & Wu, K. (2020). Psychological resilience, self-acceptance, perceived social support and their associations with mental health of incarcerated offenders in China. Asian Journal of Psychiatry, 52, 102166. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102166
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.
Hurlock Elizabeth E. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=25662&lokasi=lokal
Karin, N. A. Z., Noviekayati, I., & Rina, A. P. (2023). Penerimaan diri orang tua dengan anak tunagrahita: Adakah peran dukungan sosial? INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 244–251. https://www.google.co.id/books/edition/Panduan_Lengkap_Stroke/UmVcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Sebuah perspektif bimbingan dan konseling Pembinaan anak berkebutuhan khusus. Yayasan Kita Menulis. Medan, 1–2.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3 UI.
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Urgensi Empati Anggota Keluarga Dalam Menyikapi Kehadiran Lansia Dalam Rumah Tangga Di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Empathy, 3(1), 1–7. journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/download/3008/1747
Mutiara, S., Putri, A. S., Sari, T. P., Hidayati, Y., & Asvio, N. (2023). Karakteristik dan model bimbingan atau pendidikan islam bagi abk tuna wicara di masyarakat kelurahan lubuk lintang gang macang besar rt 07 rw 03. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 113–124. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Resty, G. T. (2016). Pengaruh penerimaan diri terhadap harga diri remaja di panti asuhan yatim putri aisyayah yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions. John Wiley & Sons.
Stanley, M., & Beare, P. G. (2007). Buku ajar Keperawatan Gerontik, edisi 2, jakarta: EGC. Published Online.
Supratiknya, A. (1995). Tinjauan psikologis komunikasi antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius, 97.
Susanti, F. R., & Wanei, G. K. (2008). Hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. Jurnal Psiko-Edukasi, 6(1), 21–33.
Utami, N. M. S. N., & Widiasavitri, P. N. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Penerimaan Diri Individu yang Mengalami Asma. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p02
Wasita, A. (2012). Seluk beluk tunarungu dan tunawicara serta strategi pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Published
2024-06-29
How to Cite
Lutfi Nur Afifah, Inviolita, A., Rahma, E., Masfia, I., & Fahmy, Z. (2024). Dukungan Sosial Terhadap Upaya Penerimaan Diri Anak Tunawicara. Nathiqiyyah, 7(1), 41-51. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i1.1036

Most read articles by the same author(s)