Strategi Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita di SLB-C Pelita Ilmu Semarang

  • Thami Alya Firdaus UIN Walisongo Semarang
  • Ladya Ghaisani Kurniawan UIN Walisongo Semarang
  • Ladya Ghaisani Kurniawan UIN Walisongo Semarang
  • Indy Rahma Fadilah UIN Walisongo Semarang
  • Dilla Maghdalena Oktavia UIN Walisongo Semarang
  • Zulfa Fahmy
  • Irma Masfia UIN Walisongo Semarang
Keywords: Strategi Pembelajaran Matematika, Anak tunagrahita, SLB-C

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita di SLB-C Pelita Ilmu Semarang. Penelitian ini mencakup dua aspek utama, yaitu mengidentifikasi hambatan yang muncul selama pembelajaran matematika dan mengeksplorasi strategi yang digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini melibatkan dua anak tunagrahita ringan kelas 2 jenjang SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa) dan satu guru kelas yang terlibat dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan temuan dari penelitian. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan pemeriksaan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua hambatan dalam pembelajaran matematika, yakni hambatan kognitif dan hambatan emosional. Strategi pembelajaran yang diterapkan untuk mengatasi kedua hambatan tersebut, yaitu penggunaan metode drill, penggunaan media pembelajaran, pendekatan pembelajaran individualistik, dan pemberian penguatan positif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan tersebut dinilai efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada anak tunagrahita di SLB-C Pelita Ilmu Semarang.

Author Biographies

Ladya Ghaisani Kurniawan, UIN Walisongo Semarang

Peneliti

Ladya Ghaisani Kurniawan, UIN Walisongo Semarang

Peneliti

Indy Rahma Fadilah, UIN Walisongo Semarang

Peneliti

Dilla Maghdalena Oktavia, UIN Walisongo Semarang

Peneliti

Zulfa Fahmy

Dosen Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal Bereputasi di UIN Walisongo Semarang

Irma Masfia, UIN Walisongo Semarang

Dosen Perkembangan Anak dan Remaja Berkebutuhan Khusus di UIN Walisongo Semarang

References

Adji, S. K., & Meilawati, I. (2020). Pentingnya Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, 1–5. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7230
Andani, F., Octavia, R., Pahera, D., Alisah, S., Erda, W., & Andani, N. S. (2023). Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 152–165. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Awalia, H. R., & Mahmudah, S. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.
Badawi, A., Arjudin, Lu’luilmaknun, U., & Amrullah. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram. Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 962–971. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.252
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56
Dapodik. (2024). Data Pokok Pendidikan. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/2CC4F05FA0E0D4FDBF30
Efendy, A. (2021). Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS Guppi Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 2(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1070
Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bersusun Kesamping Melalui Metode Drill Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(3), 18–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/18700
Faisah, S. N., Siregar, M. A., Firanda, Nandita, I., Mujahadah, Auliyah, A., Musdalifa, & Samsuddin, A. F. (2023). Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 34–41. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm
Fajri, F., & Waspodo, W. (2021). Manajemen Pendidikan Khusus Anak Tunagrahita Sekolah Luar Biasa Negeri Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 142–156. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1584
Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 12(1), 14–22. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Heryanto, Sembiring, S. B., & Togatorop, J. B. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere , 6(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Masruroh, H. (2022). Teknik Reinforcement Untuk Meningkatkan Motivasi pada Anak Tunagrahita yang Mengalami Kesulitan (Dyscalculia Learning) di Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(1), 10–28. https://media.neliti.com/media/publications/41055-ID-pendidikan-karakter-bangsa-pada-anak-berkebutuhan-khusus-
Maulidiyah, F. N. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Napitupulu, M. B., Malau, J. G., Damanik, C. T., Simanjuntak, S. N., & Widiastuti, M. (2022). Psikologi Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 325–331. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Naufal, A. F., Ardana, S. D. S., Sari, M. M. K., Bantara, Y. L., Mahardika, N. D., & Pristianto, A. (2023). Seni Melukis pada Siswa Kelas 4 & 5 SLB-C YPSLB Tunagrahita. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 323–328. https://doi.org/10.53769/jai.v3i3.545
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Onsu, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Tunagrahita Kelas X SLB GMIM Nazareth Tuminting. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 699–704. https://doi.org/10.5281/zenodo.5375891
Putra, Z. H., & Sucitra, W. (2017). Hubungan Intelegensi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–18. https://doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1171
Putri, M. M., Utami, I. S., & Budi, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membuat Tas Manik-Manik Melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 17225–17230. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.9098
Rahmandhani, M. A., Rivadah, M., Al-Husna, Y. S., Alamanda, C., & Ridho, M. R. (2021). Karakteristik dan Model Bimbingan Pendidikan Islam bagi ABK Tunagrahita. MASALIQ, 1(3), 176–190. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq
Saadah, G. A., Kasmad, M., & Widodo, S. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan Pembelajaran Individual Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memahami Konsep Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1403–1409. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Sanjani, M. A. (2021). Pentingnya Strategi Pembelajaran yang Tepat bagi Siswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 32–37. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/jsap.v10i2.517
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40.
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542–547. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476
Sudana, I. M., Sudarsana, I. K., & Setyaningsih. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Luar Biasa C Negeri Bangli. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 208–218. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.575
Suparman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Permainan Kartu. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 142–148. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.641
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Tarigan, E. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 56–63.
Tayeb, T., M, Muh. R., & Latuconsina, N. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Ekspositori Berbasis Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Ma ’ R A N G Kabupaten Pangkep. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran , 4(2), 172–185. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a2
Vidiyanti, W., & Riyanto, E. (2016). Strategi Pembelajaran Ekspositori Bermedia Video 2 Strategi Pembelajaran Ekspositori Bermedia Video Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita Sedang di SLB. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–11.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmial: Jurnal Penelitian, 2(1), 28–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56630/jti.v2i1.91
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus dan Jenis Layanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Published
2024-06-29
How to Cite
Firdaus, T. A., Kurniawan, L. G., Kurniawan, L. G., Fadilah, I. R., Oktavia, D. M., Fahmy, Z., & Masfia, I. (2024). Strategi Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita di SLB-C Pelita Ilmu Semarang. Nathiqiyyah, 7(1), 31-40. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v7i1.1034