PERAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

  • Nurliana STAI Diniyah Pekanbaru
  • Miftah Ulya STAI Diniyah Pekanbaru
  • Sukiyat UIN SUSKA Riau
  • Nurhasanah STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: peran, keluarga, pendiikan, anak, Islam

Abstract

Keluarga berperan  penting terhadap pendidikan anak, membimbing dengan kasih sayang, menjalin keharmonisan keluarga. Keluarga berperan penting dalam prosesing pendidikan,  suatu keharusan  yang tidak bisa dihindarkan, keluarga berperan penting sebagai lingkungan awal. Sebagai upaya menunjukkan eksistensi keluarga yang peduli  terhadap  tujuan pendidikan. Fakta dan realitas menunjukkan  peran keluarga  belum menampilkan usaha maksimal sebagai lembaga pendidikan utama.  Tulisan ini  bertujuan guna memperoleh  esensi dasar tentang peran keluarga terhadap pendidikan anak, dengan harapan  bisa  memberikan perspektif  baru dalam mempresepsikan peran keluarga pada pendidikan anak perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang dipakai  yaitu penelitian deskrifif  kwalitatif dengan tekhnik trianggulasi melalui  display data, pensajian data, dan penarikan  kesimpulan dan dianalisis melalui konten analisis (conten alayisis). Sebagai conclusi,  bahwa peran keluarga dalam pendidikan anak perspektif hukum Islam yaiu keluarga berperan aktif dalam menanamkan pendidikan aqidah terhadap anaknya,  mendidik anak-anak agar berbakti kepada kedua orang tua,  mengajarkan anak agar muncul kesadaran terhadap adanya pengawasan dari Allah swt. terhadap proses kehidupan umat manusia, dan mendidik anak-anak agar menjaga diri  dan keluarganya sehingga terhindar dari azab dunia dan azab akhirat, mengajarkan anak melaksanakan sholat dan berbuat kebaikan dan menjauhkan diri dari kemungkaran, serta melatih anak agar tidak berlaku sombong dalam proses kehidupan.

Published
2022-08-12
How to Cite
Nurliana, Nurliana, Miftah Ulya, Sukiyat Sukiyat, and Nurhasanah Nurhasanah. 2022. “PERAN KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM ”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 11 (1), 22-35. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.403.

Most read articles by the same author(s)