PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN

  • Torang Febriadi Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Lina Sri Suryani Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Nurliana Nurliana Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Miftah Ulya Institut Agama Islam Diniyyah Pekanbaru
  • Sukiyat Sukiyat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Penerapan, Strategi Inquiry Learning, Keaktifan Belajar

Abstract

 

           Pembelaran aktif dalam proses pembelajaran, pada hakikatnya mengoptimalkan seluruh potensi siswa untuk berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bermaksud menerapkan strategi inquiry learning guna meningkatkan keaktifan belajar siswa. Melibatkan 30 siswa pada Sekoah Menengah Kejuruan Negeri 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan strategi inquiry learning telah berhasil terlaksana dengan sangat baik. yakni pada siklus pertama mencapai 85%, dan meningkat menjadi 90% pada siklus kedua. Jumlah indikator yang sudah terlaksana “sangat baik” adalah 9 indikator, dan yang tergolong “baik” juga 6 indikator. Tidak adalagi indikator yang tergolong “kurang baik” apalagi “tidak baik”. Penggunaan strategi inquiry leraning  berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan terlihat dengan naiknya nilai rata-rata keaktifan belajar siswa mulai dari sebelum tindakan yakni nilai rata-rata hanya 75. Temuan  penelitian dari penerapan strategi inquiri learning dalam upaya peningkatan keaktifan belajar siswa di SMKN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan adalah (1) Memperhatikan  unsur-unsur pembelajaran strategi inquiry learning  merupakan salah satu model coopetavie learning. (2) Menerapkan prinsip belajar aktif.   (3) Memaksimalkan faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa ke arah yang positif.

Published
2024-08-30
How to Cite
Febriadi, Torang, Lina Sri Suryani, Nurliana Nurliana, Miftah Ulya, and Sukiyat Sukiyat. 2024. “PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN”. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 13 (1), 92-108. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i1.1199.