Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Pembelajaran di SDIT Sakinah Siak Hulu
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memantau pendidikan dalam meningkatkan pembelajaran di SDIT Sakinah Siak Hulu. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk dalam penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah direktur, waka program, guru SDIT dan siswa Sakinah Siak Hulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan diklat yang dilakukan oleh SDIT Sakinah Siak Hulu sudah cukup baik, hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan bimbel tiga tahap dan diklat teknis oleh direktur untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembelajaran. mempelajari. Pengawas Sekolah mengawasi agar pembelajaran di SDIT Sakinah Siak Hulu berlangsung sesuai jadwal yang diberikan di awal tahun ajaran. Setiap guru disupervisi minimal dua kali yaitu semester ganjil dan semester genap. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sekolah menyediakan sarana yang dapat mendukung kompetensi guru, antara lain seminar, pelatihan internal, KKG.
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Asmani, Jamal ma’mur. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah Jogyakarta; Diva Press, 2012
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2012
Hariwung, Supervisi Pendidikan, Jakarta: Depdikbud, 1989.
Imron, Ali. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011
Malik, Pedoman Manajemen Madrasah, Yogyakarta: Forum Kajian Agama dan Budaya, 2000
Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.
Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung, 1981
Pidarta, Made Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakrta Bumi Aksara, 1996
Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara, 1992
Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Sahertian, Piet A.Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta Rineka Cipta, 2014
Suryani,C, Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Min Suka Damai Kota Banda Aceh, Jurnal ilmiah didaktika, 2016
Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama RI, 2003
Copyright (c) 2023 Syukri Syukri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.