Penerapan Metode Reading Guide untuk Meningkatkan Literasi Membaca
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di lapangan siswa kelas V di SDN 10 Sungai Tengah tidak mahir membaca, yang menyebabkan masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan metode pedoman membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian akan berlangsung dari Mei hingga Juni 2024. Penelitian ini melibatkan 18 siswa kelas V, 6 laki-laki dan 12 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, dan tes. Sesuai dengan hasil penelitian, siswa kelas V memiliki kemampuan membaca yang baik. Dalam siklus I, literasi membaca siswa kelas V SDN 10 Sungai Tengah tergolong baik dengan penerapan metode panduan membaca dengan rata-rata 78,33%. Pada siklus II, literasi membaca siswa sangat baik dengan rata-rata 88,33%, dan hanya 11 dari 18 siswa yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasik 61,1%. Pada siklus III, literasi membaca siswa sangat baik dengan rata-rata 83,3%, dan dari 18 siswa yang tuntas, hanya 15 yang tuntas dengan ketuntasan belajar klasik.
References
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.
Crain ,W. (2007). Teori pengembangan konsep dan aplikasi.jural pendidikan dan pembelajaran dasar,6.
Faizah. (2022). literasi usia sd . junal pendidikan, 24-35.
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 396–401
Ica cahyani. (2009). pembelajaran bahasa indonesia. jurnal ilmiyah ILKP Mataram. 127-128.
Jhon, Hasan Shadily. (2018). kamus inggris indonesia. jakarta: gramedia.
Prabowo. (2007). keterampilan membaca dan menulis . junal psikologi, 2.
Suherli Kusmana. (2017). jurnal pengembangan literasi dalam kueikulum pendidikan . jurnal pendidikan, 142-143.
Wahyuni, Sri, Fitriani Siregar, Sudi Fahmi, and Febri Giantara. “Keselarasan Pemikiran Fazlur Rahman Terhadap Proses Pendidikan Agama Islam Di Indonesia Masa Kini”. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1, no. 1 (June 28, 2023): 1-15. Accessed June 25, 2024. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Baitul_Hikmah/article/view/697.
Copyright (c) 2024 Masidayu Masidayu, Deprizon Deprizon, Salman Salman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.