PERSEPSI PERSEPSI KAUM MILENIAL TERHADAP EKONOMI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN DI PESANTREN AL KIFAYAH RIAU

  • Mukhyar STAI Diniyah Pekanbaru
Keywords: Persepsi, Kaum Milenial, Ekonoi Digital, ; Pendidikan

Abstract

Persepsi kaum milenial terhadap ekonomi digital berbasis pendidikan adalah tanggapan para santri terhadap maraknya ekonomi digital dari perspektif pendidikan yang berfokus pada lima aspek utama, yaitu: (a) Pengetahuan ekonomi digital, (b) Manfaat ekonomi digital, (c) Mengenal jenis-jenis ekonomi digital, (d) Kemampuan mengakses bisnis digital, (e) Ketertarikan terhadap bisnis digital.  Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Kifayah Riau, Pekanbaru dengan meneliti persepsi santri. Untuk memenuhi maksud penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Sedangkan untuk menggali persepsi secara mendalam peneliti menggunakan model berpikir induktif, yakni sebuah pendekatan dengan melakukan wawancara yang dimulai dari aspek spesifik kemudian berlanjut pada aspek yang lebih luas atau umum tentang ekonomi digital berbasis pendidikan. Penelitian ini berkesimpulan santri pondok pesantren Al Kifayah Riau memiliki persepsi bervariasi terhadap ekonomi digital. Namun secara mayoritas memiliki pandangan yang sama, yaitu sama-sama memandang perlu ekonomi digital.

References

Abuddin Nata. Pendidikan Islan Di Era Milenial. Prenada Media, 2020.
Ariani, Desi. Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk Indonesia Emas 2045. Fianosa Publishing, 2020.
“Arti Kata Persepsi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Accessed February 23, 2023. https://kbbi.web.id/persepsi.
Aziz, Muhammad, Muhammad Solikhudin, Neny Muthi’atul Awwaliyah, Muhammad Reza Fadil, Ghifari Yuristiadhi Masyhari Makhasi, M. Nur Fauzi, M. Agus Wahyudi, et al. Dari moderasi beragama hingga rekonstruksi fikih : sebuah refleksi akademisi di Indonesia. Madza Media, n.d.
“Badan Pusat Statistik.” Accessed January 31, 2023. https://www.bps.go.id/publication/2022/06/24/ea52f6a38d3913a5bc557c5f/analisis-profil-penduduk-indonesia.html.
Eka Yudhyani, S. E., Dr Evi Kurniasari Purwaningrum Psikolog M. Psi, Christina Bagenda M.H S. H., Dr Drs Irman Syahriar M.Hum SH, Khairunnisah M.H S. H., Grizelda M.H S. H., Dr Mia Kusuma Fitriana M.Hum S. H., Drs H. Maskan AF M.Si, Dr H. Abdul Rokhim M.Hum SH, and M. Ibnu Ashari R M.Si S. Sos. Pancasila Di Era Milenial. Media Sains Indonesia, 2021.
Group, World Bank. World Development Report 2016: Digital Dividends. World Bank Publications, 2016.
Harnia, Peribadi, Muhammad Arsyad, Samsul, La Patuju, La Ode Marhini, Iwan Patta, dan Sitti. Potensi Dan Problematika Wilayah Perdesaan : Menyoal Keberadaan Desa-Desa Tertinggal. Penerbit Adab, n.d.
Howe, Neil, and William Strauss. Millennials Rising: The Next Great Generation. Knopf Doubleday Publishing Group, 2009.
Kurniadi, Moch Rizky Prasetya. “2 Arti Kata Milenial di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).” KBBI, February 23, 2023. https://kbbi.lektur.id/milenial.
Lounsberry, Barbara, and Grace Ann Hovet. “Principles of Perception in Toni Morrison’s Sula.” Black American Literature Forum 13, no. 4 (1979): 126–29. https://doi.org/10.2307/3041476.
Media, Kompas Cyber. “10 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia 2022, Ada Indonesia? Halaman all.” KOMPAS.com, July 25, 2022. https://travel.kompas.com/read/2022/07/25/083336127/10-negara-dengan-penduduk-terbanyak-di-dunia-2022-ada-indonesia.
Priyono, dan Abd Wahab Hasyim, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Literasi Nusantara Abadi, 2023.
Prasetyo, Galih. Demokrasi Milenial. Ruas Media, 2019.
Schallmo, Daniel R. A., and Christopher A. Williams. Digital Transformation Now!: Guiding the Successful Digitalization of Your Business Model. Springer, 2018.
Smith, Neil Thomas. Mathias Spahlinger. NED-New edition. Intellect, 2021. https://www.jstor.org/stable/j.ctv36xw3j3.
Published
2022-02-07
How to Cite
Mukhyar. (2022). PERSEPSI PERSEPSI KAUM MILENIAL TERHADAP EKONOMI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN DI PESANTREN AL KIFAYAH RIAU . Jurnal Ar-Ribhu, 5(1), 301 -. https://doi.org/10.46781/ar-ribhu.v5i1.642